View Full Version
Selasa, 07 Jul 2020

AS Tinjau Pelarangan Aplikasi Media Sosial Cina, Termasuk TikTok

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan pada Senin (6/7/2020) malam bahwa Amerika Serikat "pasti meninjau" pelarangan aplikasi media sosial Cina, termasuk TikTok.

"Saya tidak ingin terkenal di depan Presiden (Donald Trump), tapi itu sesuatu yang sedang kita tinjau," kata Pompeo dalam sebuah wawancara dengan Fox News.

Anggota parlemen AS telah meningkatkan kekhawatiran keamanan nasional atas penanganan data pengguna TikTok, mengatakan mereka khawatir tentang undang-undang Cina yang mewajibkan perusahaan domestik "untuk mendukung dan bekerja sama dengan pekerjaan intelijen yang dikendalikan oleh Partai Komunis Cina."

Aplikasi ini, yang tidak tersedia di Cina, telah berusaha untuk menjauhkan diri dari akar bahasa Cina untuk menarik perhatian khalayak global dan telah menekankan kemandiriannya dari Cina.

Pernyataan Pompeo juga datang di tengah meningkatnya ketegangan AS-Cina atas penanganan wabah virus Corona, tindakan keras Cina di Hong Kong dan perang dagang hampir dua tahun.

TikTok, aplikasi video bentuk pendek yang dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di Cina, baru-baru ini dilarang di India bersama dengan 58 aplikasi Cina lainnya setelah bentrokan perbatasan antara India dan Cina.

Reuters melaporkan pada Senin malam bahwa TikTok akan keluar dari pasar Hong Kong dalam beberapa hari, memutuskan untuk melakukannya setelah Cina menetapkan undang-undang keamanan nasional baru untuk kota semi-otonom tersebut. (KT)


latestnews

View Full Version