View Full Version
Jum'at, 24 Jul 2020

Cina Perintahkan AS Tutup Konsulatnya di Kota Chengdu

BEIJING, CINA (voa-islam.com) - Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memberi tahu Kedutaan Besar AS di Beijing mengenai keputusannya untuk menarik kembali izin pendirian dan operasi Konsulat Jenderal AS di Chengdu.

"Kementerian juga membuat persyaratan khusus untuk menghentikan semua operasi dan acara oleh Konsulat Jenderal," kata kementerian itu.

Langkah itu dilakukan sebagai balasan setelah keputusan AS untuk menutup Konsulat Cina di Houston, Texas.

"Langkah AS secara serius melanggar hukum internasional, norma-norma dasar hubungan internasional, dan ketentuan-ketentuan Konvensi Konsuler Cina-AS. Ini sangat merusak hubungan Cina-AS," klaim pernyataan itu.

"Tindakan yang diambil oleh Cina adalah tanggapan yang sah dan perlu terhadap tindakan yang tidak dibenarkan oleh AS. Itu sesuai dengan hukum internasional, norma dasar hubungan internasional, dan praktik diplomatik adat," klaim nya lagi.

Situasi saat ini dalam hubungan Cina-AS bukanlah yang ingin dilihat Beijing, dan Washington bertanggung jawab atas semua ini, katanya lebih lanjut.

Beijing mendesak Washington untuk segera menarik kembali keputusannya dan menciptakan kondisi yang diperlukan untuk membawa hubungan bilateral kembali ke jalurnya.

Pada hari Rabu, Departemen Luar Negeri AS menutup Konsulat Cina di Houston dan mengatakan keputusan itu dibuat "untuk melindungi kekayaan intelektual Amerika dan informasi pribadi Amerika. (AA)


latestnews

View Full Version