View Full Version
Jum'at, 31 Jul 2020

Israel Sebut Tahan Seorang Pejuang Hamas Yang 'Membelot' ke Israel

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Para pejabat keamanan Israel pada hari Kamis mengumumkan bahwa mereka telah menangkap seorang pejuang Hamas yang melarikan diri dari Jalur Gaza dan berenang ke perairan Israel, membenarkan desas-desus selama berminggu-minggu bahwa seorang tokoh Hamas telah "membelot" ke Israel.

Badan keamanan Shin Bet Israel mengatakan bahwa Izzuddin Hussein, 24, melarikan diri dari Gaza pada 28 Juni untuk menghindari masalah keluarga dan "penganiayaan" yang tidak ditentukan oleh para komandan Hamas. Pasukan angkatan laut Israel melihatnya di Laut Mediterania dan menangkapnya sebelum ia mencapai pantai.

Shin Bet mengatakan Hussein bergabung dengan sayap militer Hamas pada 2013 dan memimpin unit "pertahanan udara" yang mencakup pelatihan dengan rudal anti-pesawat. Dikatakan bahwa Hussein telah memberi Israel "banyak" informasi intelijen berharga tentang Hamas, dan pada hari Kamis, ia didakwa melakukan pelanggaran keamanan "serius".

Media Israel dan Arab baru-baru ini melaporkan bahwa seorang militan Hamas - mungkin seorang komandan tinggi - telah membelot ke Israel. Para pejabat Hamas, berbicara dengan syarat anonim karena mereka sedang membahas masalah militer rahasia, mengatakan seorang anggota berpangkat rendah meninggalkan wilayah itu karena masalah perkawinan.

Qandil Badr, seorang paman dari Hussein, mengatakan keluarga itu tidak mempercayai klaim Israel.

"Kami mempercayai keponakan saya, tetapi tidak ada kontak dengannya sejak kepergiannya," katanya. "Kami membutuhkan pihak yang kredibel untuk mengunjunginya dan memeriksa situasinya."

Israel telah melancarkan tiga perang dan banyak pertempuran di Gaza sejak Hamas menguasai jalur pantai pada 2007. (TNA)


latestnews

View Full Version