View Full Version
Jum'at, 31 Jul 2020

Shalat Idul Adha Pertama di Masjid Aya Sofya Turki Dalam 86 Tahun Dihadiri Ribuan Jamaah

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Ribuan Muslim Turki menghadiri shalat Idul Adha berjamaah di Masjid Agung Aya Sophia pada hari Jum'at (31/7/2020).

Shalat Idul Adha atau dalam bahasa Turki Qurban Bayram, pertama di Aya Sofya dalam 86 tahun dipimpin oleh kepala Kepresidenan Urusan Agama (Diyanet) Ali Erbaş.

Ketua Parlemen Mustafa Şentop, Menteri Transportasi dan Infrastruktur Ali Karaismailoğlu, Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya dan Walikota distrik Fatih Istanbul Mehmet Ergün Turan bergabung dengan umat Muslim di Aya Sofya

Datang dari seluruh negeri, ribuan Muslim memenuhi Aya Sofya, serta jalan-jalan di sekitar landmark bersejarah di Istanbul tersebut.

Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Aya Sofya menjadi museum, membuka jalan untuk penggunaannya sebagai masjid.

Dua pekan setelah keputusan pengadilan, shalat pertama di Hagia Sophia diadakan dengan dihadiri sekitar 350.000 orang, serta tokoh-tokoh politik top di Turki, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

Pada hari Jum'at, umat Islam menandai dimulainya Qurban Bayram, liburan empat hari yang menandai berakhirnya ibadah haji dan perayaan keagamaan terpenting kedua setelah Ramadhan Bayram, juga dikenal sebagai Idul Fitri. (TDS)


latestnews

View Full Version