View Full Version
Jum'at, 14 Aug 2020

Penasihat Erdogan: Persahabatan Dengan UEA 'Lebih Berbahaya Daripada Permusuhannya'

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Yasin Aktay, penasihat Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memperingatkan bahwa persahabatan dengan Uni Emirat Arab (UEA) "lebih berbahaya daripada permusuhannya".

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di surat kabar Turki Yeni Safak, Aktay mengatakan semua orang mengakui permusuhan UEA terhadap Turki dengan keyakinan bahwa "itu menghalangi jalan di depan Turki".

"Permusuhan UEA tidak mengakui moral atau aturan. Mereka didasarkan pada intrik, permainan dan kampanye sistematis, "katanya, menekankan bahwa Ankara sedang mencoba, melalui" kebijakan paling manusiawi dan positif untuk mengekang gerakan tidak bermoral dan ilegal ini ".

Menurut pejabat Turki tersebut, UEA bersama dengan Arab Saudi, Mesir dan Bahrain telah menuntut Qatar memutuskan hubungan perdagangan dengan Iran sebagai imbalan untuk mencabut blokade yang diberlakukan pada Doha, yang terjadi justru saat volume perdagangan antara UEA dan Iran mencapai $ 13,5 miliar.

"Kami tidak punya masalah dengan itu, dan membiarkan volume pertukaran perdagangan antara negara-negara Islam meningkat lebih banyak tapi mengapa hanya Qatar yang disalahkan dan dihukum karena itu?" dia berkata.

Kontradiksi yang mencolok dalam hubungan Emirat ini menimbulkan pertanyaan tentang kesetiaan dan persahabatan UEA dengan sekutu terpentingnya di Saudi, tambahnya. (MeMo)


latestnews

View Full Version