View Full Version
Senin, 24 Aug 2020

Wabah Virus Corona Picu Kekhawatiran Di Kamp-kamp Rohingya Di Myanmar

RAKHINE, MYANMAR (voa-islam.com) - Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine Myanmar yang dilanda konflik pada hari Ahad (23/8/2020) mengungkapkan kekhawatiran tentang wabah virus Corona yang mencapai kamp-kamp mereka yang penuh sesak, setelah serentetan infeksi membuat ibu kota negara bagian itu diisolasi.

Hampir 130.000 Muslim Rohingya tinggal dalam kondisi yang digambarkan Amnesty International sebagai kondisi "apartheid" di kamp-kamp di sekitar Sittwe.

Kota ini telah mencatat 48 kasus dalam sepekan terakhir, mencapai lebih dari 10 persen dari sekitar 400 kasus yang sejauh ini terdaftar di Myanmar.

“Kami sangat khawatir dengan virus tersebut karena kami hidup dalam ketidakpastian dan tidak akan mudah untuk dikendalikan,” kata Muslim Rohingya Kyaw Kyaw.

Pihak berwenang mengunjungi kamp Thae Chaung minggu ini untuk berbicara tentang jarak sosial - sebuah ketidakmungkinan karena 10 keluarga biasanya berdesakan dalam satu rumah - dan memberikan pembersih tangan dan masker wajah.

"Tetapi jika karantina berlangsung lama, kami akan ... membutuhkan bantuan," kata Kyaw Kyaw kepada AFP, seraya menambahkan bahwa semua orang di kamp telah mengunci diri di dalam ruangan.

Jalan-jalan Sittwe kosong pada hari Ahad, dengan penduduk bermasker bertemu jalan-jalan yang dibarikade saat mereka mencoba menjalankan tugas.

Para pedagang kaki lima menjajakan pelindung wajah plastik dan masker bedah.

Perintah jam malam telah diberlakukan sejak Jum'at, sementara semua transportasi umum - termasuk penerbangan domestik - ke ibu kota ditangguhkan.

Negara bagian Rakhine telah lama menjadi titik api konflik etnis dan agama.

Minoritas Muslim Rohingya yang diperangi secara luas dianggap sebagai "Bengali" asing meskipun telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi. Mereka tidak memiliki hak kewarganegaraan dan kebebasan bergerak mereka dibatasi di seluruh negeri.

Seorang anggota parlemen lokal Rakhine minggu ini menyalahkan Muslim Rohingya atas penyebaran virus di postingan Facebook yang kemudian dihapus.

Sekitar 750.000 Rohingya melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh setelah tindakan keras militer pada tahun 2017 - operasi yang saat ini dihadapi Myanmar dengan tuduhan genosida di pengadilan tinggi PBB.

Di Mrauk-U - di mana tiga kasus ditemukan minggu ini - penduduk Rakhine khawatir sumbangan makanan untuk kamp pengungsian dihentikan, kata pemimpin kamp Hla Maung Oo.

"Kami tidak punya tempat untuk lari jika virus menyebar karena kami juga tidak bisa kembali ke desa kami," katanya kepada AFP.


latestnews

View Full Version