View Full Version
Selasa, 25 Aug 2020

Israel Jual Spayware Ke UEA, Arab Saudi, Oman Dan Bahrain

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Israel telah menjual spyware ke UEA, Arab Saudi, Oman dan Bahrain membantu mereka memantau aktivitas para pembangkang, Haaretz melaporkan Ahad (23/8/2020).

Menurut surat kabar itu, perusahaan Israel NSO Group Technologies, yang perangkat lunaknya digunakan untuk meretas ponsel, selama beberapa tahun terakhir telah menjual spyware Pegasusnya seharga ratusan juta dolar ke UEA dan Negara Teluk lainnya.

Negara-negara ini menggunakan spyware Israel untuk memantau aktivis anti-rezim, kata Haaretz, dengan dorongan dan persetujuan dari pemerintah Israel.

Chaim Levinson menulis kepada Haaretz bahwa NSO "adalah salah satu perusahaan Israel paling aktif di Teluk, dan perangkat lunak Pegasus 3-nya mengizinkan otoritas penegak hukum untuk meretas ponsel, menyalin konten mereka, dan terkadang bahkan mengontrol kamera dan kemampuan merekam audio."

Perusahaan itu hanya bekerja dengan otoritas negara, menurut Levinson, “tetapi tidak membedakan antara demokrasi dan kediktatoran, seperti di Teluk; terlepas dari klaimnya, ia tidak banyak mengawasi bagaimana teknologinya digunakan. ”

“Israel,” kata Levinson, “menghubungkan NSO dengan negara-negara Arab di kawasan, dan perwakilan Israel bahkan mengambil bagian dalam pertemuan pemasaran antara pejabat intelijen di negara-negara Arab dan eksekutif NSO. Beberapa pertemuan diadakan di Israel. ”

Levinson mengatakan NSO menghasilkan ratusan miliar dari penjualan spyware ke negara-negara Arab.

Dia berkata: “Setiap negara Teluk memiliki julukan berdasarkan huruf pertama nama negara dan produsen otomotif: Arab Saudi disebut Subaru, Bahrain adalah BMW dan Yordania adalah Jaguar. Praktik di NSO adalah menggunakan nama-nama ini daripada nama asli negara. ”

Mengenai Qatar, kata Haaretz, NSO tidak berbisnis dengannya karena Israel melarangnya. (MeMo)


latestnews

View Full Version