View Full Version
Rabu, 26 Aug 2020

Jerman: Konfrontasi Antara Turki Dan Yunani Telah Mencapai Tahap 'Sangat Kritis'

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas memperingatkan pada hari Selasa (25/8/2020), bahwa konfrontasi antara Turki dan Yunani di Mediterania timur telah mencapai tahap "sangat kritis", tetapi menekankan bahwa kedua belah pihak tampaknya siap untuk melakukan pembicaraan.

Usai mengadakan pertemuan di Athena dan Ankara, Maas mengatakan, seperti dikutip AFP, “Tidak ada keraguan bahwa situasinya sangat kritis. Tidak ada yang ingin menyelesaikan masalah ini dengan cara militer, dan ada kemauan di kedua sisi untuk berdialog. "

Menteri Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa Yunani dan Turki ingin meredakan ketegangan militer di Mediterania timur, memperingatkan bahwa "percikan apa pun, sekecil apa pun, dapat menyebabkan bencana."

Maas berkata setelah bertemu dengan mitranya dari Yunani Nikos Dendias: “Situasi saat ini di Mediterania timur telah bermain api dan percikan api apa pun, sekecil apa pun, dapat menyebabkan bencana. Tidak ada yang bisa tertarik dengan itu, dan tentu saja tidak dalam konfrontasi militer antara mitra NATO dan tetangganya. "

Maas pergi ke ibu kota Turki hari ini untuk mengadakan pembicaraan serupa dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Kunjungan Maas ke Athena dan Ankara dilakukan menjelang pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Berlin akhir pekan ini, di mana konflik Turki-Yunani akan dibahas.

Jerman memimpin upaya Eropa untuk mencegah konflik militer langsung yang dapat membahayakan akses masa depan Eropa ke cadangan energi yang baru ditemukan. (AMN)


latestnews

View Full Version