View Full Version
Ahad, 30 Aug 2020

Yordania Bebaskan Kartunis Yang Menggambar Karikatur Mengejek Putra Mahkota UEA

AMMAN, YORDANIA (voa-islam.com) - Yordania pada hari Ahad (30/8/2020) memutuskan untuk membebaskan kartunis yang ditahan karena menggambar kartun yang mengejek kesepakatan normalisasi hubungan antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel baru-baru ini, Anadolu melaporkan.

Emad Hajjaj ditangkap oleh polisi Yordania atas tuduhan menghina negara Arab setelah dia menggambar karikatur yang mengejek Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan, karena Israel menolak untuk mengizinkan UEA membeli pesawat tempur F-35 dari AS meskipun kesepakatan normalisasi Abu Dhabi dengan Tel Aviv.

"Pengadilan telah memerintahkan pembebasan Hajjaj," kata pengacaranya Marwan Salem kepada Anadolu Agency.

Pengacara, bagaimanapun, tidak memberikan rincian lebih lanjut, dan tidak ada komentar dari otoritas Yordania atas laporan tersebut.

Pada hari Jum'at, Human Rights Watch (HRW) meminta otoritas Yordania untuk segera membebaskan Emad Hajjaj dan mencabut tuntutan terhadapnya.

Pada 13 Agustus, UEA dan Israel mengumumkan perjanjian yang ditengahi AS untuk menormalkan hubungan mereka, termasuk membuka kedutaan di wilayah masing-masing.

Kelompok Palestina, termasuk Otoritas Palestina, mengecam kesepakatan UEA-Israel, dengan mengatakan itu tidak melayani kepentingan Palestina dan mengabaikan hak-hak warga Palestina. (MeMo)


latestnews

View Full Version