View Full Version
Rabu, 02 Sep 2020

PM Palestina: Penerbangan Langsung UEA-Israel Sangat Menyakitkan Untuk Disaksikan

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh mengecam penerbangan penumpang komersial langsung pertama antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA), menyebutnya sebagai "sangat menyakitkan", ketika menyaksikan pendaratan pesawat El Al yang dihiasi Bintang David di Abu Dhabi hari Senin.

Penerbangan maskapai Israel menandai implementasi kesepakatan yang ditengahi AS untuk menormalkan hubungan antara Israel dan UEA, memperkuat hubungan lama-klandestin di antara mereka yang telah berkembang selama bertahun-tahun.

Berbicara pada awal pertemuan kabinet mingguan Palestina yang diadakan di Ramallah, Shtayyeh mengatakan kesepakatan itu adalah "pelanggaran yang jelas dan terang-terangan terhadap posisi Arab terhadap konflik Arab-Israel".

"Sangat menyakitkan bagi kami hari ini ketika sebuah pesawat Israel mendarat di Emirates, dengan nama penerbangan 'Kiryat Gat' - pemukiman yang dibangun di atas tanah Palestina yang diduduki di kota Fallujah tempat Gamal Abdel Nasser terjebak - dalam pelanggaran yang jelas dan terang-terangan terhadap posisi Arab terhadap konflik Arab-Israel, "kata PM Palestina, menurut kantor berita Palestina WAFA.

"Pada kesempatan ini, kami salut terhadap posisi beberapa negara Arab yang menentang normalisasi dengan Israel, yang membuat tur [Mike] Pompeo gagal mencapai tujuan yang diinginkan, meski ada tekanan yang diberikan pada beberapa negara Arab," katanya.

"Kami berharap melihat pesawat Emirat mendarat di Yerusalem yang dibebaskan, tetapi kami hidup di era Arab yang sulit," tambahnya.

UEA telah mengklaim kesepakatan itu sebagai alat untuk memaksa Israel menghentikan rencana kontroversialnya untuk mencaplok bagian Tepi Barat, tanah yang dicari oleh Palestina untuk negara masa depan mereka.

Palestina, bagaimanapun, telah dengan keras menentang normalisasi karena menguliti salah satu dari sedikit keuntungan mereka dalam pembicaraan damai yang hampir mati dengan Israel.

Warga Palestina telah mengadakan protes publik dan membakar bendera UEA dengan marah.

Juru bicara Hamas Hazem Qassem mengatakan kesepakatan UEA-Israel bertentangan dengan posisi rakyat Emirat, dan "hanya untuk kepentingan Zionis".

"Rezim UEA bersikeras untuk menentang rakyat dan sikap bangsa dan konsensus resmi menentang normalisasi, kesepakatan UEA-Israel hanya untuk kepentingan Zionis, bekerja melawan keamanan nasional Arab dan memicu perselisihan di kawasan itu," kata Qassem.

Dengan AS sebagai fasilitator, Israel dan UEA awal bulan ini sepakat untuk bekerja menuju normalisasi, yang akan menjadikan UEA negara Arab ketiga yang memiliki hubungan penuh dengan Israel, setelah Mesir dan Yordania.

Tidak seperti kedua negara itu, Israel tidak pernah berperang melawan UEA dan berharap memiliki hubungan yang jauh lebih hangat. (TNA)


latestnews

View Full Version