View Full Version
Sabtu, 05 Sep 2020

Laporan: Bahrain Akan Umumkan Kesepakatan Normalisasi dengan Israel 'Segera'

MANAMA, BAHRAIN (voa-islam.com) - Bahrain akan mengumumkan akan menormalisasi hubungan dengan Israel "segera", menurut sebuah laporan di outlet berbahasa Ibrani Kan 11 News pada hari Rabu (2/9/2020), mengutip seorang pejabat senior Israel.

Kerajaan Teluk itu berharap untuk mengumumkan kesepakatannya sendiri dengan Israel menyusul kesepakatan antara UEA dan Israel bulan lalu, kata pejabat itu.

Upacara penandatanganan UEA-Israel dijadwalkan berlangsung di Washington DC pada pertengahan September.

Bahrain termasuk di antara sejumlah negara Arab yang memuji kesepakatan UEA dengan Israel, tetapi belum memberikan komentar publik tentang apakah akan menjalin hubungan dengan negara itu, yang secara resmi diboikot karena pendudukannya di wilayah Palestina.

Menyusul pengumuman kesepakatan UEA-Israel pada bulan Agustus, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penasihat Presiden Donald Trump Jared Kushner melakukan perjalanan terpisah ke Timur Tengah, dilaporkan untuk mendorong negara lain untuk mengambil langkah serupa.

Dalam pembicaraan dengan Pompeo bulan lalu, Raja Bahrain Hamad bin Isa Al-Khalifa mengatakan negaranya tetap berkomitmen pada Inisiatif Perdamaian Arab - yang menyerukan penarikan penuh Israel dari wilayah Palestina yang diduduki setelah 1967 dengan imbalan perdamaian dan normalisasi penuh hubungan.

Di antara negara lain yang dikatakan akan mempertimbangkan normalisasi dengan Israel adalah Oman dan Sudan.

Meskipun Bahrain dan Israel tidak memiliki hubungan resmi, mereka terlihat semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir.

Manama menjadi tuan rumah seorang pejabat senior Israel pada konferensi keamanan pada 2019, serta konferensi yang diselenggarakan oleh Kushner tentang peluang investasi dalam ekonomi Palestina sebagai bagian dari rencana perdamaian Timur Tengah Trump. (TNA)


latestnews

View Full Version