View Full Version
Kamis, 10 Sep 2020

AS Akan Pangkas Jumlah Pasukannya di Irak Menjadi 3000

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pentagon akan memangkas jumlah pasukan AS di Irak menjadi 3.000 bulan ini, kata seorang jenderal senior pada hari Rabu (9/9/2020), ketika Presiden Donald Trump berusaha menepati janji untuk mundur dari konflik asing.

Jenderal Kenneth McKenzie, kepala Komando Pusat militer AS, mengatakan di Baghdad bahwa keputusan itu "karena kepercayaan kami pada peningkatan kemampuan Pasukan Keamanan Irak untuk beroperasi secara independen."

"Dalam konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah Irak dan mitra koalisi kami, Amerika Serikat telah memutuskan untuk mengurangi kehadiran pasukan kami di Irak dari sekitar 5.200 menjadi 3.000 tentara selama bulan September," katanya.

McKenzie mengatakan AS akan dapat terus mendukung militer Irak dalam perangnya melawan kelompok Islamic State (IS), yang diusir dari wilayah "kekhalifahan" tahun lalu tetapi tetap tersebar di sekitar Irak.

Dia mengatakan AS berkomitmen untuk "tujuan akhir" nya di Irak di mana pasukan lokal sendiri dapat mencegah IS kembali dan mengamankan "kedaulatan Irak tanpa bantuan eksternal."

"Perjalanannya sulit, pengorbanannya besar, tetapi kemajuannya signifikan," kata jenderal itu.

Pada akhir 2018, diperkirakan ada 5.200 tentara Amerika yang masih ditempatkan di Irak, yang merupakan sebagian besar dari 7.500 pasukan koalisi di sana, menurut pejabat AS.

Selama setahun terakhir, lusinan serangan roket telah menargetkan pasukan tersebut, kedutaan AS dan konvoi logistik yang menuju ke pangkalan Irak, menewaskan sedikitnya enam personel militer - tiga orang Amerika, satu warga Inggris dan dua warga Irak.

Para pejabat AS menyalahkan kekerasan pada faksi garis keras yang dekat dengan Iran.

Trump juga akan mengumumkan penarikan pasukan lebih lanjut dari Afghanistan dalam beberapa hari mendatang, kata seorang pejabat senior pemerintah.

Washington saat ini memiliki 8.600 tentara yang dikerahkan di Afghanistan sesuai dengan perjanjian bilateral yang ditandatangani pada Februari antara Washington dan Taliban.

Trump, yang berada di belakang saingan Demokrat Joe Biden dalam pemungutan suara menjelang pemilihan presiden 3 November, telah berjanji untuk membawa pulang pasukan dalam upaya menyelesaikan apa yang disebutnya perang tanpa akhir Amerika. (TNA)


latestnews

View Full Version