View Full Version
Jum'at, 18 Sep 2020

Israel Akan Bujuk UEA Untuk Promosikan Pembangunan Jalur Pipa Antara Saudi dan Israel

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Israel berencana membujuk Uni Emirat Arab (UEA) untuk mempromosikan pembangunan pipa antara Arab Saudi dan Israel untuk minyak dan sulingan untuk pengiriman, dari pantai Mediterania ke Eropa dan AS.

Rencana konstruksi yang dimaksudkan untuk menggunakan infrastruktur yang ada di Eilat Ashkelon Pipeline Co. Ltd. (EAPC). Rencana semacam itu akan menguntungkan Israel secara finansial dan lebih murah serta lebih aman bagi negara-negara Teluk, dengan melewati rute laut yang berbahaya dan Terusan Suez yang mahal, lapor surat kabar Israel The Globes.

Proyek ini akan mempersingkat waktu dan biaya pengiriman minyak dan sulingan dari Teluk ke Barat melalui Terusan Suez, sementara Israel diperkirakan dapat memperoleh beberapa ratus juta dolar AS per tahun.

"Untuk Arab Saudi dan negara Teluk, hal itu akan mengurangi ketergantungan pada rute laut yang berbahaya di sekitar Selat Hormuz dan Yaman yang rentan terhadap serangan dari Iran," lapor The Globes.

Surat kabar itu mencatat bahwa perjanjian normalisasi yang ditandatangani antara Israel dan Bahrain pada hari Selasa mengisyaratkan proyek semacam itu dengan menekankan energi sebagai bidang utama kerja sama. (MeMo)


latestnews

View Full Version