View Full Version
Senin, 05 Oct 2020

Otoritas Kurdi Pindahkan Wanita Asing dan Anak-anak Pejuang Islamic State Dari Kamp Al-Hol

HASAKAH, SURIAH (voa-islam.com) - Otoritas Kurdi Suriah telah memindahkan para wanita asing, termasuk istri pejuang kelompok Islamic State, dan anak-anak dari kamp yang penuh sesak di timur laut Suriah, laporan lokal mengatakan pada hari Senin (5/10/2020).

Pengumuman itu datang ketika otoritas Kurdi di timur laut Suriah mengatakan mereka melepaskan tanggung jawab atas warga negara asing di kamp tersebut, yang berasal dari sekitar 50 negara berbeda.

"Keputusan akan dikeluarkan untuk mengosongkan warga Suriah dari kamp sepenuhnya," Elham Ahmad, Presiden Komite Eksekutif Dewan Demokratik Suriah (SDC) seperti dikutip oleh kantor berita Rudaw.

"Mereka yang tetap di kamp tidak akan menjadi tanggung jawab pemerintahan sendiri," tambahnya.

Dia menggambarkan kamp itu sebagai "beban berat di pundak" pemerintahan otonom Kurdi.

“Pemerintahan Sendiri tidak perlu membayar terlalu tinggi untuk menyediakan makanan dan hal-hal lain bagi orang-orang ini. Selain itu, masalah yang muncul setiap hari termasuk pembunuhan, pemerkosaan, dan sebagainya,” tambah Ahmad.

Sumber-sumber lokal melaporkan bahwa sekitar 395 wanita dan anak-anak diperkirakan akan dipindahkan dari kamp Al-Hol ke kamp Roj, yang telah diperluas dengan berkoordinasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sekitar 68.000 orang - termasuk warga Suriah dan Irak serta warga negara asing lainnya - tinggal di kamp Al-Hol. Hampir dua pertiga, sekitar 43.000, adalah anak-anak.

Kurdi Suriah menahan ribuan orang asing yang dicurigai mendukung kelompok jihadis tersebut dalam tahanan mereka.

Ini termasuk tersangka pejuang IS di penjara, tetapi juga ribuan lebih wanita dan anak-anak yang terkait dengan mereka di kamp-kamp pengungsian - banyak di kota tenda Al-Hol yang luas.

Kelompok bantuan telah berulang kali menyesalkan kondisi kehidupan di kamp di mana lebih dari separuh penghuninya berusia di bawah lima tahun, dan otoritas Kurdi melaporkan kasus virus Corona pertama di antara penduduk pada akhir Agustus.

Pejabat lokal juga melaporkan beberapa insiden pengikut Islamic State yang menyerang penjaga atau pekerja bantuan di Al-Hol dalam beberapa bulan terakhir, atau mencoba melarikan diri.

Negara-negara Barat sebagian besar enggan memulangkan warga negara mereka yang terkait dengan IS yang ditahan di timur laut Suriah, meskipun beberapa telah membawa pulang wanita dan anak-anak berdasarkan kasus per kasus. (TNA)


latestnews

View Full Version