View Full Version
Sabtu, 10 Oct 2020

Pekerja Bantuan Prancis Yang Dibebaskan Masuk Islam Selama Ditahanan AQIM

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Seorang pekerja bantuan Prancis yang ditahan di Mali selama empat tahun oleh jihadis mengungkapkan bahwa dia masuk Islam selama penahanan di sini, menurut laporan media Prancis.

Sophie Petronin tiba kembali di Prancis pada hari Jum'at (9/10/2020), di mana dia disambut di bandara Villacoublay oleh Presiden Emmanuel Macron.

"Kegembiraan terbesar saya hari ini adalah mengetahui bahwa asisten saya dapat terus bekerja tanpa saya," kata Petronin seperti dikutip oleh Le Point.

“Untuk Mali, saya akan berdoa, memohon ridho dan rahmat Allah, karena saya seorang Muslim,” tambahnya. "Anda mengatakan Sophie, tetapi Anda memiliki Mariam di depan Anda.''

Petronin, 75, diculik saat bekerja di wilayah Gao utara Mali pada Desember 2016. Tujuh bulan kemudian, dia ditunjukkan dalam sebuah video yang diposting oleh Al-Qaidah di kelompok militan Maghrib Islam (AQIM).

Dia telah menjalankan badan amal Association Aid di Gao sejak 2004.

"Saya bertahan - saya banyak berdoa karena saya punya banyak waktu," kata Petronin kepada wartawan di kedutaan Prancis di Bamako sebelum dia kembali. "Saya mengubah penahanan… menjadi sebuah pertapaan spiritual, jika bisa dikatakan begitu."

Petronin dibebaskan Kamis bersama pemimpin oposisi Mali Soumaila Cisse dan dua warga Italia, Pastor Pierluigi Maccalli dan Nicola Chiacchio, yang dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran dengan jihadis

Terlepas dari pengalamannya sebagai sandera, Petronin mengatakan dia ingin kembali ke Mali untuk melanjutkan pekerjaan amalnya membantu anak-anak di negara Afrika Barat itu.

"Saya membuat komitmen kepada anak-anak. Selama empat tahun saya belum pernah melihat bagaimana program-program itu bekerja," kata Petronin tentang pekerjaannya dengan anak-anak yatim piatu dan kurang gizi. "Saya akan pergi ke Prancis, ke Swiss, dan kemudian saya akan kembali untuk melihat apa yang terjadi di sini [Mali]." (TNA)


latestnews

View Full Version