View Full Version
Senin, 09 Nov 2020

Serangan Islamic State di Barat Baghdad Tewaskan 11 Pasukan Suku Irak

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Serangan kelompok Islamic State (IS) di titik pengamatan di barat Baghdad yang diawaki oleh pasukan suku yang disponsori negara menewaskan 11 orang pada Ahad (8/11/2020) malam, sumber keamanan dan petugas medis mengatakan kepada AFP.

Para jihadis melemparkan granat dan menembaki pasukan suku Hashed yang ditempatkan di Al-Radwaniyah, di pinggiran selatan ibukota Irak, dekat bandara Baghdad.

"ISIS menyerang menara pemantau, menewaskan lima anggota suku Hashed dan enam orang lokal yang datang untuk membantu mengusir serangan itu," kata satu sumber keamanan.

Seorang petugas medis mengkonfirmasi jumlah korban ke AFP, dan mengatakan delapan orang terluka dipindahkan ke rumah sakit di Baghdad tengah.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung dari Islamic State.

IS menyapu sepertiga Irak pada 2014, merebut kota-kota besar di utara dan barat dan mencapai pinggiran ibu kota Baghdad.

Setelah pertarungan sengit tiga tahun yang didukung oleh koalisi pimpinan AS, Irak menyatakan IS kalah pada akhir 2017.

Koalisi telah menarik pasukannya secara signifikan tahun ini, mengkonsolidasikan mereka ke tiga pangkalan utama di Baghdad, Ain al-Asad di barat dan Irbil di utara.

Tetapi sel-sel tidur Islamic State terus melancarkan serangan hantam lari terhadap pasukan keamanan dan infrastruktur negara, terutama di daerah gurun di mana pasukan dalam jumlah sedikit.

Namun, serangan dengan korban yang begitu tinggi dan sangat dekat dengan ibu kota jarang terjadi. (TNA)


latestnews

View Full Version