View Full Version
Selasa, 10 Nov 2020

Laporan: Trump Recanakan 'Banjir Sanksi Baru' Terhadap Iran Sebelum Meninggalkan Kantor

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pemerintahan Presiden Donald Trump akan mengumumkan "sanksi baru setiap minggu" terhadap Iran sampai akhir masa jabatan presiden pada Januari, sebuah laporan media AS mengklaim.

Mengutip sumber-sumber Israel, Axios melaporkan bahwa sanksi baru terhadap Iran saat ini sedang direncanakan oleh Trump - berkoordinasi dengan sekutu utama Arab - dan akan diberlakukan sebelum Presiden terpilih Joe Biden kembali menjabat pada 20 Januari.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Perwakilan Khusus AS untuk Iran, Elliott Abrams, berada di Israel pada hari Ahad dan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk membahas sanksi baru.

Menurut laporan itu, Abrams akan memberi tahu pejabat tinggi Israel tentang rencana itu Senin (10/11/2020 ini.

Laporan itu muncul sehari setelah Departemen Luar Negeri AS merilis pernyataan yang mengatakan Abrams akan melakukan perjalanan ke Israel, Arab Saudi dan UEA untuk "konsultasi tentang Iran", antara 7 hingga 12 November.

Selama masa jabatannya, Trump telah menerapkan kebijakan "tekanan maksimum" terhadap Iran dengan sanksi yang melumpuhkan setelah secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Teheran pada 2018.

Seminggu sebelum kalah dalam pemilihan AS, Trump memberikan sanksi baru pada sektor minyak Iran karena penjualan ke Suriah dan Venezuela, di antara masalah lainnya.

"Banjir" sanksi baru ditujukan untuk meningkatkan tekanan pada Teheran dan mempersulit pemerintahan Biden untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015, sumber Israel mengatakan kepada Axios.

Biden telah mengindikasikan keinginannya untuk mengembalikan AS ke kesepakatan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia. (TNA)


latestnews

View Full Version