View Full Version
Kamis, 12 Nov 2020

Bom Rakitan Sasar Diplomat Asing yang Tengah Mengadakan Upacara di Pemakaman Non-Muslim di Jeddah

JEDDAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Dua orang terluka Rabu (11/11/2020)  ketika sebuah alat peledak rakitan menargetkan upacara pejabat Prancis, Amerika, Inggris, Italia dan Yunani memperingati akhir Perang Dunia I di sebuah pemakaman di kota Jeddah Saudi, menurut pernyataan resmi.

Upacara itu diadakan di pemakaman non-Muslim yang tewas, kata pejabat Kementerian Luar Negeri Prancis.

"Serangan seperti itu terhadap orang yang tidak bersalah memalukan dan sepenuhnya tanpa pembenaran," kata pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kedutaan besar dari lima negara yang hadir. Kelompok itu juga mengakui pekerjaan responden pertama Saudi di tempat kejadian.

Beberapa jam setelah serangan itu, media pemerintah Saudi mengutip seorang pejabat setempat yang mengakui serangan itu dan mengatakan bahwa seorang pegawai konsulat Yunani dan petugas keamanan Saudi terluka ringan dalam insiden itu. Pejabat Saudi itu mengatakan penyelidikan sedang dilakukan.

Televisi pemerintah Saudi juga menyiarkan dari luar pemakaman dan menekankan bahwa situasi keamanan sekarang "stabil".

Serangan hari Rabu menyusul penikaman 29 Oktober yang melukai seorang penjaga di Konsulat Prancis di kota yang sama. Penikaman itu dilakukan oleh seorang pria Saudi, yang ditangkap. Motifnya masih belum jelas.

Prancis telah mengalami dua serangan mematikan oleh Muslim kelahiran asing dalam sebulan terakhir. Seorang guru dipenggal di luar Paris karena menunjukkan karikatur Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam di kelasnya untuk debat tentang kebebasan berekspresi, dan tiga orang kemudian dibunuh di sebuah gereja di kota selatan Nice.

Penggambaran Nabi SAW tersebut memicu protes dan seruan untuk memboikot produk Prancis di antara beberapa Muslim di Timur Tengah dan Asia Selatan. Prancis telah mendesak warganya di Arab Saudi dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya untuk "waspada maksimal" di tengah ketegangan yang meningkat.

Rabu menandai peringatan 102 tahun gencatan senjata yang mengakhiri Perang Dunia I dan diperingati di beberapa negara Eropa.

Nadia Chaaya, seorang pejabat yang mewakili warga Prancis yang tinggal di Arab Saudi, menghadiri upacara ketika diserang. Dia mengatakan kepada The Associated Press bahwa ada sekitar 20 orang dari berbagai kebangsaan yang hadir, sehingga sulit untuk mengatakan apakah diplomat Prancis menjadi sasaran khusus.

Dia sebelumnya mengatakan kepada jaringan Prancis BFM tentang saat dia mendengar ledakan ketika konsul jenderal mendekati akhir pidatonya.

“Saat itu kami belum begitu paham, tapi kami merasa kami yang menjadi sasaran karena langsung kami melihat asap dan kami tentu saja dalam keadaan panik,” ujarnya. "Kami mencoba untuk memahami, dan kami sangat takut untuk melihat apakah akan ada gelombang kedua."

Jeddah, kota pelabuhan Laut Merah, menyaksikan pasukan Utsmaniyahnya menyerah kepada pasukan lokal yang didukung Inggris pada 1916 di tengah perang. Hal itu memicu dimulainya Kerajaan Hijaz, yang kemudian menjadi bagian dari berdirinya Arab Saudi pada tahun 1932.

Pemakaman Non-Muslim Jeddah terletak di dekat dermaga kota, tersembunyi di balik pepohonan di sepanjang jalan raya utama di kota. Komisi Makam Perang Persemakmuran menunjukkan hanya satu tentara yang dimakamkan di pemakaman itu, Kopral John Arthur Hogan, yang tewas pada Juni 1944.

Pos diplomatik telah menjadi sasaran di Arab Saudi di masa lalu. Serangan bersenjata tahun 2004 di Konsulat AS di Jeddah yang dituduhkan pada Al-Qaidah menewaskan lima karyawan. Pada 2016, seorang pembom jibaku meledakkan dirinya di dekat Konsulat AS yang sama, melukai dua penjaga. (TNA)


latestnews

View Full Version