View Full Version
Ahad, 15 Nov 2020

Azerbaijan dan Armenia Lakukan Pertukaran Jenazah Tentara Yang Tewas di Sekitar Kota Shusha

BAKU, AZERBAIJAN (voa-islam.com) - Azerbaijan dan Armenia pada hari Sabtu (14/11/2020) melakukan pertukaran mayat tentara, yang tewas dalam bentrokan di sekitar kota Susha di wilayah Karabakh Atas, kata Kementerian Pertahanan Azerbaijan, Anadolu Agency melaporkan.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan jenazah tentara dikumpulkan melalui perantara dan partisipasi pasukan penjaga perdamaian Rusia yang ditempatkan di wilayah Nagorno-Karabakh di Azerbaijan.

"Sebagai bagian dari aksi kemanusiaan ini, jenazah prajurit angkatan bersenjata Armenia dikumpulkan dan diserahkan ke pihak Armenia," kata pernyataan itu.

Juga, dalam kerangka aksi ini, mayat enam prajurit Tentara Azerbaijan, yang menjadi syahi selama pertempuran di sekitar kota Shusha, diterima, tambahnya.

Hubungan antara bekas republik Soviet Azerbaijan dan Armenia telah tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, juga dikenal sebagai Karabakh Atas, sebuah wilayah yang diakui sebagai bagian dari Azerbaijan, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Bentrokan baru meletus pada 27 September, dan tentara Armenia melanjutkan serangannya terhadap pasukan sipil dan Azerbaijan, bahkan melanggar perjanjian gencatan senjata kemanusiaan selama 44 hari.

Baku membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman dan desanya dari pendudukan Armenia selama ini.

Pada 10 November, kedua negara menandatangani perjanjian yang ditengahi Rusia untuk mengakhiri pertempuran dan bekerja menuju resolusi yang komprehensif.

Turki menyambut baik gencatan senjata itu, menyebutnya sebagai "kemenangan besar" bagi Azerbaijan. (MeMo)


latestnews

View Full Version