View Full Version
Senin, 30 Nov 2020

Pasukan Afghanistan Klaim Tewaskan Dalang Serangan Bom Mobil Jibaku di Markas Militer Ghazni

GHAZNI, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pasukan Afghanistan telah membunuh pejuang Taliban yang menjadi dalang dari serangan bom mobil jibaku yang menewaskan sedikitnya 30 personel keamanan, klaim para pejabat Senin (30/11/2020).

Hamza Waziristani gugur dalam serangan udara semalam di provinsi timur Ghazni tempat pembom itu menyerang pangkalan militer Afghanistan pada hari Ahad.

"Dalang di balik serangan kemarin di pangkalan (Ghazni) tewas bersama dengan tujuh teroris lainnya," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara militer Fawad Aman mengatakan kepada AFP bahwa pembom itu adalah seorang pejuang Taliban dari wilayah perbatasan Pakistan di Waziristan.

Serangan itu adalah salah satu yang paling mematikan dalam beberapa bulan yang menargetkan pasukan pemerintah di Afghanistan, di mana kekerasan telah melonjak sejak dimulainya pembicaraan damai antara pemerintahan Presiden Ashraf Ghani dan Taliban di Qatar.

Tidak ada kelompok yang mengklaim serangan itu.

Taliban sering tidak mengomentari serangan mematikan yang dituduhkan kepada mereka.

Kelompok itu telah melancarkan serangan hampir setiap hari terhadap pasukan Afghanistan, terutama di daerah pedesaan, sejak menandatangani kesepakatan dengan Washington pada Februari yang membuka jalan bagi penarikan pasukan asing pada Mei 2021.

Pejabat kesehatan di Ghazni mengatakan 30 orang tewas dalam serangan hari Ahad, tetapi kementerian pertahanan - yang diketahui kerap mengecilkan jumlah korban dalam serangan terhadap pasukannya - mengatakan hanya 10 orang tewas.

Kekerasan juga meningkat di Kabul dalam beberapa pekan terakhir, dengan lebih dari 50 orang tewas dalam dua serangan di pusat pendidikan dan serangan roket.

Tiga serangan Kabul diklaim oleh kelompok Islamic State (IS), tetapi para pejabat Afghanistan tetap menyalahkan Taliban - yang membantah terlibat dalam kejadian tersebut. (AFP)


latestnews

View Full Version