View Full Version
Sabtu, 26 Dec 2020

Presiden Turkmenistan Klaim Akar Manis Dapat Menyembuhkan Virus Corona

ASHGABAT, TURKMENISTAN (voa-islam.com) - Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov mengklaim pada hari Sabtu (26/12/2020) bahwa akar manis dapat menyembuhkan virus Corona, obat ajaib terbaru di negara yang masih mengklaim tidak ada kasus.

"Ilmuwan dari setiap negara sedang mencari obat yang efektif, menjalankan berbagai penelitian, dan salah satunya bisa jadi akar akar manis," pemimpin negara otoriter, yang merupakan bagian dari Uni Soviet hingga 1991, mengatakan kepada para menteri.

Tanpa mengutip bukti ilmiah apa pun, mantan dokter gigi Berdymukhamedov mengklaim bahwa "akar manis menghentikan perkembangan virus Corona" dan "bahkan ekstrak berbahan dasar air dengan konsentrasi yang lemah memiliki efek menetralkan."

Turkmenistan memiliki "cadangan yang cukup" untuk akar manis, ia menambahkan, memerintahkan Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional untuk mempelajari efek kesehatan tanaman itu.

Berdymukhamedov pada Maret lalu merekomendasikan agar orang-orang "secara sistematis" membakar rue liar, tanaman berbau tajam yang diyakini memiliki khasiat obat, untuk memerangi virus Corona, yang membuat harga meroket.

Sementara otoritas kesehatan global telah lama merekomendasikan penggunaan masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan secara teratur untuk memperlambat penyebaran virus, delegasi Organisasi Kesehatan Dunia untuk Turkmenistan mengambil tindakan tersebut pada Juli lalu.

Tetapi pemerintah masih membenarkan penggunaan masker sebagai perlindungan terhadap "debu" dan "patogen" yang tidak ditentukan, daripada virus Corona.

Toko-toko dan restoran non-makanan telah ditutup sejak musim panas dan jadwal bus dan kereta dipangkas kembali.

Negara itu juga menyatakan bahwa tidak ada kasus yang terdeteksi - bahkan setelah duta besar Inggris untuk ibu kota Turkmenistan Ashgabat melaporkan bahwa dia telah tertular COVID-19. (TNA)


latestnews

View Full Version