View Full Version
Ahad, 27 Dec 2020

Kritikus Kecam Film Wonder Woman 1984 Karena Rasisme Anti-Arab

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Film pahlawan super yang sangat dinantikan "Wonder Woman 1984" telah mendapat ulasan yang buruk - dan tuduhan rasisme anti-Arab.

Pemirsa menggunakan media sosial untuk mengungkapkan keprihatinan mereka setelah film tersebut ditayangkan perdana di layanan streaming HBO Max pada hari Jum'at (26/12/2020).

Kritikus online dengan cepat menggoreng film DC Comics tersebut, menyebut film itu "sulit diikuti" dan "ditulis dengan buruk".

Tetapi subplot film yang berbasis di Mesir itu memicu tuduhan rasisme dan Islamofobia dari beberapa orang.

"Saya tercengang melihat betapa rasisnya itu," tweet jurnalis dan pembawa podcast Ahmed Ali Akbar.

"WW84 adalah jenis film feminis kulit putih di mana pria kulit putih dari segregasi era Jim Crow adalah pria terbaik yang pernah dikenal umat manusia, tetapi pria Arab fanatik menginginkan tembok perbatasan dan pria Latin adalah pemukul istri & megalomonik," Akbar menulis pada hari Sabtu (26/12/2020).

Pernyataan itu digaungkan oleh pengguna Twitter @altonwang: "Semua kejahatan dalam film - dinding perbatasan literal, kekerasan dalam rumah tangga - digambarkan oleh aktor kulit berwarna yang tidak memiliki substansi dalam karakter mereka selain menjadi orang jahat, hanya untuk diselamatkan oleh penyelamat kulit putih. "

Film superhero tersebut "mungkin blockbuster paling rasis yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun. Bagaimana mungkin produser dan eksekutif pada tahun 2020 tidak mengibarkan bendera dan berkata 'kami tidak bisa melakukan itu'," kata pengguna Twitter @metalgearzeta.

Akbar menunjuk ke serangkaian cuplikan dari film yang dibagikan di media sosial, yang menunjukkan seorang raja Mesir yang diperankan oleh aktor Amr Waked menyerukan agar para "kafir" diusir dari negerinya.

Pengguna media sosial lain tampaknya menafsirkan adegan itu sebagai karikatur anti-Palestina.

"Ketika mereka mengatakan Wonder Woman 1984, saya pikir itu berarti seperti warna neon dan synth tapi itu berarti stereotip timur tengah yang mengerikan," kata pembawa acara podcast film Josh Lewis.

Akbar menunjuk pada adegan lain dalam film itu sebagai bermasalah, termasuk "pemotongan acak pada seorang pria berpakaian mujahidin yang membuat keinginan untuk senjata nuklir".

Pengguna Twitter @foeyeahboi menggambarkan adegan itu sebagai "momen rasis seukuran landasan".

Di adegan lain, Wonder Woman dikabarkan menggunakan rudal untuk menyelamatkan empat anak Arab yang akan tertabrak kendaraan saat bermain sepak bola.

Beberapa orang membandingkan adegan yang tidak menyenangkan itu dengan pasukan Israel yang membunuh empat anak Palestina saat mereka bermain sepak bola di pantai Gaza pada tahun 2014.

Aktris Wonder Woman Gal Gadot bertugas di Pasukan Pertahanan Israel antara 2005 hingga 2007.

Aktris Israel itu sebelumnya menuai kritik karena mengungkapkan dukungan untuk IDF selama pengeboman tahun 2014 di Jalur Gaza yang terkepung. (TNA)


latestnews

View Full Version