View Full Version
Jum'at, 08 Jan 2021

UEA Umumkan Pembukaan Kembali Semua Perbatasan Udara, Laut dan Darat dengan Qatar

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan pembukaan kembali semua perbatasan udara, laut, dan darat dengan Qatar mulai Sabtu, 9 Januari, kantor berita resmi WAM melaporkan pada hari Jum'at (8/1/2021).

UEA akan mulai mengakhiri semua tindakan yang diambil terhadap Qatar setelah penandatanganan deklarasi AlUla di KTT GCC pekan lalu, kata Wakil Sekretaris Kementerian Luar Negeri UEA Khalid Abdullah Belhoul, menurut WAM.

Dia juga mengatakan semua pelabuhan akan terbuka untuk pergerakan masuk dan keluar, dan otoritas terkait di UEA telah diberitahu tentang langkah-langkah baru tersebut.

Pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri UEA Anwar Gargash mengumumkan bahwa perdagangan dan transportasi dapat dilanjutkan antara Qatar dan negara-negara yang memboikot dalam waktu seminggu.

"Langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam waktu seminggu setelah perjanjian mencakup tindakan praktis maskapai penerbangan, pengiriman dan perdagangan," kata menteri UEA, Anwar Gargash, kepada wartawan.

Namun, masalah lain seperti memulihkan hubungan diplomatik penuh dan kehadiran Turki di Teluk akan memakan waktu lebih lama, kata pejabat itu. “Beberapa masalah lebih mudah diperbaiki dan beberapa lainnya akan membutuhkan waktu lebih lama.”

Negara tetangga Teluk Arab Saudi mengumumkan terobosan dalam mengakhiri perselisihan pahit antara negara-negara Teluk Arab dan Qatar pada KTT GCC pada hari Selasa, dengan menteri luar negerinya mengatakan Riyadh dan sekutunya akan memulihkan semua hubungan dengan Doha yang terputus pada pertengahan 2017.

Qatar Airways pada hari Kamis mengatakan akan mulai mengubah rute beberapa penerbangannya melalui wilayah udara Saudi. (Aby)


latestnews

View Full Version