View Full Version
Kamis, 28 Jan 2021

Pemerintahan Joe Biden Tangguhkan Penjualan Jet Siluman F-35 AS Ke UEA

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pemerintahan baru Presiden AS Joe Biden untuk sementara menangguhkan penjualan jet F-35 ke Uni Emirat Arab (UEA), kata reporter pertahanan Bloomberg Anthony Capaccio dalam tweet Rabu (27/1/2021)malam.

Menurut jurnalis tersebut, penjualan amunisi ke Arab Saudi juga sedang ditinjau.

UEA, salah satu sekutu terdekat Washington di Timur Tengah, telah lama menyatakan minatnya untuk memperoleh jet siluman itu dan dijanjikan oleh mantan pemerintahan Donald Trump kesempatan untuk membelinya dalam kesepakatan sampingan yang dibuat ketika mereka setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel. Setelah normalisasi, Israel juga membuka kedutaan besarnya di negara Arab tersebut.

Sumber yang mengetahui negosiasi mengatakan ide yang berkerja adalah agar pertahanan udara Israel dapat mendeteksi F-35 UEA dengan teknologi yang secara efektif mengalahkan kemampuan siluman jet tersebut.

Jet tempur F-35 yang dijual ke UEA juga dapat dibangun dengan cara yang memastikan pesawat yang sama milik Israel mengungguli pesawat lain yang dijual di wilayah tersebut, kata para ahli pertahanan.

Washington sudah menuntut agar F-35 yang dijual ke pemerintah asing tidak dapat menyamai kinerja jet AS, kata seorang staf kongres dan sumber yang mengetahui penjualan sebelumnya.

Kecanggihan teknis F-35 terkait dengan sistem misi dan kekuatan pemrosesannya, dan "kekuatan komputasi itulah yang memungkinkan Anda untuk menjual jet berteknologi tinggi ke Israel daripada ke UEA," kata Doug Birkey, direktur eksekutif Institut Mitchell untuk Studi Dirgantara di Washington. (TDS)


latestnews

View Full Version