View Full Version
Rabu, 24 Feb 2021

Erdogan Kecam Standar Ganda Uni Eropa Atas Kebijakan Pengungsi

IZMIR, TURKI (voa-islam.com) - Turki telah mengkritik standar ganda Uni Eropa dalam mendukung Yunani dalam masalah migran tetapi tidak berbagi tanggung jawab untuk empat juta pengungsi yang ditampung oleh Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam negara-negara Uni Eropa atas kebijakan pengungsi mereka dan mengkritik standar ganda blok tersebut dalam menangani krisis migran.

Erdogan mengatakan UE mendukung penuh Yunani dalam masalah ini namun gagal berbagi tanggung jawab dengan Turki untuk empat juta pengungsi.

Berbicara pada konferensi migrasi di kota Izmir, Erdogan mengatakan UE menawarkan Yunani tiga miliar euro untuk 100.000 pengungsi, sementara itu gagal memenuhi janjinya untuk mentransfer enam miliar euro ke Turki yang menampung empat juta pengungsi sebagai bagian dari pakta migrasi 2016.

Pada tahun 2016, Ankara dan Brussel menandatangani perjanjian yang memberi Turki dana sebesar enam miliar euro, sebagai imbalannya Ankara berjanji untuk mengurangi jumlah pengungsi yang masuk ke negara-negara UE. Turki mengatakan pihaknya berkomitmen untuk bagiannya dari kesepakatan tersebut namun UE gagal memenuhi janjinya.

Turki dan Yunani telah dianggap sebagai titik transit utama bagi pengungsi dari Suriah ke Eropa, banyak yang dapat mencapai negara-negara Eropa seperti Swedia dan Jerman, sementara yang lain kehilangan nyawa karena berusaha mendapatkan tempat yang aman. (ptv)


latestnews

View Full Version