View Full Version
Rabu, 03 Mar 2021

Pejuang Sunni Baluchi Serang Kendaraan Pasukan Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran

SISTAN-BALOCHISTAN (voa-islam.com) - Pejuang Sunni Baluchi menyerang sebuah kendaraan milik Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) pada hari Selasa (2/3/2021) di tenggara negara itu, yang telah dilanda kerusuhan dalam sepekan terakhir, penyiar negara IRIB melaporkan, kata Reuters.

Itu mengutip Mohammad Hadi Marashi, wakil gubernur provinsi Sistan-Baluchestan, yang mengatakan kendaraan itu milik unit teknik IRGC. Dia tidak mengatakan apakah ada korban jiwa atau tidak.

Marashi mengatakan serangan itu dilakukan oleh kelompok pejuang Sunni Jaish al Adl ("Tentara Keadilan"), yang mengatakan pihaknya mencari hak yang lebih besar dan kondisi hidup yang lebih baik bagi etnis minoritas Baluchi.

Kelompok itu mengaku bertanggung jawab atas sejumlah serangan, termasuk pemboman jibaku tahun 2019 di sebuah bus yang menewaskan 27 anggota pasukan elit Pengawal Revolusi.

Situs berita pro-Baluchi Rasadbalochistan mengutip Jaish al Adl yang mengatakan telah menargetkan dua kendaraan IRGC.

Di masa lalu, Iran menuduh saingan regionalnya, Arab Sunni Arab Saudi, mendukung kelompok separatis Sunni yang telah menyerang pasukan keamanannya. Riyadh membantah tuduhan tersebut. (MeMo)


latestnews

View Full Version