View Full Version
Jum'at, 05 Mar 2021

Pemberontak Syi'ah Houtsi Lancarkan Serangan Baru Ke Badara Sipil Abha Saudi

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman kembali melancarkan serangan baru terhadap Arab Saudi, menargetkan sasaran sipil Bandara Internasional Abha di provinsi Asir.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang berafiliasi dengan pemberontak Syi'ah Houtsi, Brigadir Jenderal Yahya Saree, mengatakan dalam sebuah posting yang diterbitkan di halaman Twitter-nya bahwa tiga drone tempur Sammad-3 (Invincible-3) dan Qasef-2K (Striker-2K) menyerang target yang ditentukan pada hari Jum'at  (5/3/2021) pagi.

Serangan pesawat tak berawak terbaru terjadi beberapa jam setelah pasukan tentara Yaman dan sekutunya meluncurkan rudal balistik ke arah kota pelabuhan Jizan di barat daya Saudi.

Koalisi pimpinan Saudi kemudian mengatakan telah mencegat dan menghancurkan rudal tersebut.

Juga pada hari Kamis, pemberontak Syi'ah Houtsi mengatakan telah melancarkan serangan rudal terhadap fasilitas minyak Aramco Arab Saudi di kota Jeddah di Laut Merah kerajaan.

Pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran kerap menargetkan wilayah dan fasilitas-fasilitas sipil di Saudi secara serampangan dan tanpa pandang bulu sebagai balasan atas kekalahan mereka di berbagai front pertempuran.

Kaki tangan Iran itu selalu mengklaim target mereka di Saudi adalah fasilitas militer meski pada kenyataannya justru sebaliknya.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya turut campur dalam perang di Yaman pada Maret 2015 demi mencegah kemajuan pemberontak Syi'ah Houtsi untuk menguasai negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut atas permintaan presiden Abdu Rabbo Mansour Hadi. (ptv)


latestnews

View Full Version