View Full Version
Sabtu, 03 Apr 2021

Mesir Pertimbangkan Perluasan Terusan Suez Untuk Hindari Insiden Mirip Kandasnya Ever Given

SUEZ, MESIR (voa-islam.com) - Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA) Osama Rabie telah mengumumkan bahwa Mesir sedang mempelajari perluasan kanal untuk menghindari insiden lebih lanjut yang mirip dengan kandasnya kapal kargo Ever Given, yang menyebabkan gangguan navigasi selama enam hari.

Pada Kamis malam, Rabie membenarkan kepada CNN bahwa tidak perlu menambah kedalaman kanal (24 meter).

Total panjang kanal 193 kilometer dan terdiri dari dua jalur air paralel utara dan satu jalur di selatan dengan lebar 345 meter, yang merupakan bagian di mana kapal sepanjang 400 meter kandas.

Mesir meresmikan saluran paralel ke bagian utara Terusan Suez pada tahun 2015, dengan biaya $ 8 miliar.

Rabie tidak merinci dalam pernyataannya apakah potensi perluasan akan mencakup saluran paralel sepanjang 70 kilometer untuk bagian di mana kapal itu terjebak.

Rencana perluasan ini akan memungkinkan navigasi di kanal, bahkan dalam kasus kejadian serupa.

Awal pekan ini, Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi mengatakan bahwa dimungkinkan untuk mempertimbangkan perluasan bagian selatan kanal.

Selama kunjungannya ke Terusan Suez, El-Sisi menjelaskan bahwa "terserah teknisi," menambahkan bahwa dia tidak ingin mengambil tindakan berdasarkan situasi luar biasa, dengan mengacu pada insiden Ever Given.

Pada tanggal 23 Maret, kapal kargo Ever Given kandas saat melintasi Terusan Suez setelah dilanda badai pasir. Hal ini menyebabkan penutupan kanal dan terganggunya navigasi yang menyebabkan kekacauan dalam aktivitas perdagangan global.

SCA mampu mengapungkan kapal pada 29 Maret, dengan bantuan perusahaan internasional, memungkinkan dimulainya kembali navigasi di kanal.

Pihak berwenang Mesir menahan kapal di Great Bitter Lake dekat Terusan Suez, menunggu penyelidikan penyebab terjadinya.

Mesir meminta ganti rugi $ 1 miliar atas hilangnya pendapatan karena gangguan navigasi di kanal.

Terusan Suez adalah rute terpendek antara Asia dan Eropa dan merupakan salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Sekitar 12 persen dari total perdagangan dunia melewati kanal, termasuk 10 persen pengiriman minyak dan 8 persen pasokan gas. (MeMo)


latestnews

View Full Version