View Full Version
Kamis, 08 Apr 2021

Senat Prancis Setujui Klausul Larangan Shalat Bagi Mahasiswa Muslim Di Kampus

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Senat Prancis menyetujui penambahan pasal larangan shalat bagi mahasiswa Muslim di koridor universitas ke RUU kontroversial untuk melawan "separatisme Islam" Rabu (7/4/2021) malam.

Membahas RUU, yang dikritik karena mengasingkan Muslim, partai Republik kanan-tengah (LR) mengusulkan penambahan klausul melarang shalat di koridor universitas serta melarang kegiatan keagamaan Islam yang mereka klaim menghambat kegiatan pendidikan.

Meskipun senator Partai Kiri dan Menteri Pendidikan Jean-Michel Blanquer keberatan dengan proposal tersebut, itu diterima melalui suara mayoritas dari senator sayap kanan.

Pada 16 Februari tahun ini, Majelis Nasional Prancis menyetujui RUU Anti-Islam, yang akan diperdebatkan di Senat pada 30 Maret. RUU tersebut diperkirakan dapat kembali ke Majelis Nasional setelah pemungutan suara diadakan.

Itu diperkenalkan oleh Presiden Emmanuel Macron tahun lalu untuk melawan apa yang diklaimnya sebagai "separatisme Islam."

RUU tersebut dikritik karena menargetkan komunitas Muslim dan memberlakukan pembatasan di hampir setiap aspek kehidupan umat Islam.

Ini mengatur untuk campur tangan di masjid dan asosiasi yang bertanggung jawab atas administrasi mereka serta mengendalikan keuangan asosiasi dan organisasi non-pemerintah milik Muslim.

Ini juga membatasi pilihan pendidikan komunitas Muslim dengan mencegah keluarga Muslim memberikan pendidikan rumah kepada anak-anak mereka.

RUU itu juga melarang pasien Muslim memilih dokter berdasarkan jenis kelamin atau alasan lain dan mewajibkan "pendidikan sekularisme" bagi semua pejabat publik. (AA)


latestnews

View Full Version