View Full Version
Sabtu, 17 Apr 2021

Jumlah Kematian Akibat Virus Corona Global Mencapai Tiga Juta Orang

NEW DELHI, INDIA (voa-islam.com) - Jumlah kematian akibat virus Corona global diperkirakan mencapai tiga juta pada hari Sabtu (17/4/2021), ketika perlombaan untuk imunisasi terus berlanjut dan negara-negara seperti India bergulat dengan meningkatnya infeksi dan penguncian baru.

Virus yang muncul pada akhir 2019 di Cina tengah dan pandemi berikutnya telah menginfeksi lebih dari 100 juta orang, menyebabkan miliaran lainnya di bawah karantina yang melumpuhkan dan merusak ekonomi global.

Ibu kota India, New Delhi, mengalami penutupan akhir pekan pada hari Sabtu ketika negara terpadat kedua di dunia itu menghadapi lebih dari 200.000 kasus harian baru dan keluarga yang menuntut obat-obatan dan tempat tidur rumah sakit.

Harapan bahwa negara-negara Asia Selatan akan menyaksikan pandemi terburuk tersebut telah pupus, dengan India mencatat lebih dari dua juta kasus baru bulan ini saja dan Bangladesh dan Pakistan memberlakukan penutupan baru.

Di Jepang, kasus virus yang meningkat telah memicu spekulasi bahwa Olimpiade - yang ditunda tahun lalu karena pandemi - dapat dibatalkan.

Perdana Menteri Yoshihide Suga, dalam pertemuan pertamanya dengan Presiden AS Joe Biden, mengatakan pemerintahnya mendengarkan para ahli dan melakukan "yang terbaik" untuk mempersiapkan pertandingan Tokyo pada bulan Juli.

"Mereka melakukan segala kemungkinan untuk menahan infeksi dan untuk mewujudkan permainan yang aman dan terjamin dari sudut pandang ilmiah dan obyektif," kata Suga pada konferensi pers bersama, di mana Biden mendukung upaya Jepang untuk menjadi tuan rumah acara global tersebut.

Persiapan menghadapi virus Corona sedang dilakukan untuk pameran olahraga global lainnya - Piala Dunia di Qatar tahun depan.

Kerajaan Teluk itu sedang dalam pembicaraan dengan pembuat vaksin virus Corona untuk memastikan semua penggemar yang menghadiri Piala Dunia 2022 di negara itu telah divaksinasi, kata menteri luar negerinya, Jum'at.

Virus ini terus memengaruhi peristiwa di tempat lain di dunia. Pada hari Sabtu, Ratu Inggris Elizabeth II mengucapkan selamat tinggal terakhir kepada mendiang suaminya, Pangeran Philip, di pemakaman yang dibatasi oleh virus Corona dan kemungkinan ditonton oleh jutaan orang dari jauh. Publik telah diminta untuk menjauh karena pandemi global. (DW)


latestnews

View Full Version