View Full Version
Senin, 03 May 2021

Mantan Emir Qatar Bayar 57 Juta USD Untuk Pembebasan Pasukan IRGC Yang Ditawan Pejuang Suriah

BUSHEHR, IRAN (voa-islam.com) - Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah menyatakan bahwa mantan Emir Qatar Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani membayar $ 57 juta sebagai tebusan untuk membebaskan 57 tentara Koprs Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) yang telah ditangkap oleh kelompok bersenjata di Suriah pada tahun 2012.

Berbicara kepada pertemuan pendukungnya di Bushehr, Ahmadinejad mengumumkan bahwa insiden itu terjadi pada awal krisis Suriah pada tahun 2012, ketika kelompok oposisi bersenjata menyergap sebuah bus yang membawa tentara IRGC di Damaskus selatan, menangkap semua tentara di dalamnya.

Menurut mantan politisi Iran tersebut, setelah Iran dan pemerintah Suriah gagal membebaskan tahanan Iran, Iran menghubungi pejabat Qatar yang menjalin kontak dengan kelompok tersebut, membayar uang tebusan atas nama Teheran.

Ahmadinejad menambahkan bahwa emir Qatar menolak untuk menerima cek senilai $ 57 juta yang dikirim oleh Teheran sebagai imbalan uang tebusan, mengatakan bahwa dia melakukannya demi persahabatan antara kedua bangsa. (MeMo)


latestnews

View Full Version