View Full Version
Senin, 03 May 2021

Turki Tangkap Pembantu Dekat Mantan Pemimpin Islamic State Abu Bakar Al-Baghdadi

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) -  Seorang pembantu dekat pemimpin kelompok Islamic State (IS) yang terbunuh, Abu Bakar Al-Baghdadi telah ditangkap di Istanbul, kata polisi hari Ahad (1/5/2021).

Warga negara Afghanistan, yang hanya diidentifikasi dengan nama sandi Basim, ditahan di distrik Atasehir di sisi Asia kota itu pada hari Rabu, menurut pernyataan polisi Istanbul.

Laporan berita tentang operasi bersama dengan badan intelijen Turki mengatakan tersangka telah terlibat dalam membantu menyembunyikan Al-Baghdadi di provinsi Idlib Suriah setelah jatuhnya kelompok tersebut pada tahun 2019.

Abu Bakar Al-Baghdadi tewas dalam serangan di tempat persembunyiannya di Suriah oleh pasukan khusus AS pada Oktober 2019.

Media Turki menerbitkan foto seorang pria botak berjanggut dengan mantel tipis setelah penangkapan dan gambar sebelumnya, yang konon adalah orang yang sama, menunjukkan seorang pria berambut panjang berjanggut dengan seragam militer memegang pedang melengkung.

Kantor berita Demiroren mengatakan Basim dicurigai menyelenggarakan pelatihan untuk Islamic State saat berada di Suriah dan Irak, serta bertugas di dewan pengambilan keputusan.

Dia tiba di Turki dengan paspor dan kartu identitas palsu, kata agen itu.

Turki secara teratur menahan tersangka IS, banyak yang diduga merencanakan serangan di negara itu. (AA)


latestnews

View Full Version