View Full Version
Selasa, 04 May 2021

Sedikitnya 6 Roket Sasar Pangkalan Udara Al-Balad Yang Menampung Pasukan Asing Di Irak

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Setidaknya enam roket telah menargetkan pangkalan udara Irak yang menampung tentara dan pesawat tempur AS setelah serangkaian serangan serupa di pangkalan tersebut selama beberapa bulan terakhir.

Menurut laporan Reuters pada hari Senin (3/5/2021), pangkalan al-Balad pertama kali menjadi sasaran tiga roket, yang menghantam dekat instalasi militer AS, yang terletak di dalam pangkalan. Segera setelah serangan pertama, tiga roket lagi mendarat di dekat pangkalan.

Beberapa sumber Irak telah melaporkan bahwa pangkalan itu ditargetkan oleh setidaknya 10 roket selama serangan Senin.

Tidak ada laporan tentang korban atau kerusakan material setelah serangan roket terbaru di pangkalan itu.

Tidak ada kelompok atau individu sejauh ini yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di pangkalan itu, yang terletak 85 kilometer utara ibu kota Baghdad, dan menampung, antara lain, jet tempur F-16 di samping beberapa perusahaan pemeliharaan yang mempekerjakan staf Irak dan asing.

Ini adalah serangan kedua dalam 24 jam terakhir di pangkalan itu karena juga menjadi sasaran beberapa roket pada Ahad malam juga.

Serangan hari Senin itu adalah yang terbaru dari serangkaian serangan terhadap posisi AS yang dilakukan setelah Presiden AS Joe Biden, pada bulan Februari, memerintahkan serangan udara terhadap posisi Unit Mobilisasi Populer (PMU) di sepanjang perbatasan Irak-Suriah.

Pasukan terdiri dari berbagai milisi terutama Syi'ah Irak yang pro-Iran tersebut berjanji akan membalas, mendorong pasukan militer AS untuk bersiaga tinggi dan mengadopsi langkah-langkah keamanan maksimum untuk mengantisipasi tanggapan.

Serangan terakhir di pangkalan udara Balad terjadi pada 4 April ketika setidaknya dua roket menghantam lokasi tersebut. (ptv)


latestnews

View Full Version