View Full Version
Rabu, 05 May 2021

Taliban Rebut Sebuah Distrik Di Baghlan Utara Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Bentrokan yang memuncak antara Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan membuat kelompok jihadis menguasai sebuah distrik di provinsi Baghlan utara, para pejabat mengonfirmasi Rabu (5/5/2021), sementara bentrokan hebat berkecamuk di provinsi Helmand yang bergolak lebih jauh ke selatan.

Otoritas Afghanistan di Baghlan, yang menghubungkan ibu kota Kabul dengan provinsi utara, mengklaim pasukan pemerintah melakukan "mundur taktis" dari Borka, menambahkan bahwa operasi akan diluncurkan untuk merebut kembali distrik itu.

Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahed mengatakan dalam serangkaian tweet bahwa pusat Borka berada di bawah kendali pejuang nya dan sembilan anggota pasukan keamanan telah tewas dan 16 lainnya ditangkap.

Helmand

Lebih banyak bentrokan antara pasukan pemerintah Afghanistan dan Taliban telah berkecamuk selama berhari-hari di Helmand yang bergolak, memaksa ratusan keluarga setempat meninggalkan rumah mereka.

Perwakilan Helmand di parlemen mengatakan kepada wartawan bahwa Taliban mendekati ibu kota provinsi Lashkargah. "Jika prioritas tidak diberikan kepada Helmand untuk keamanan, provinsi itu akan jatuh ke tangan pemberontak bersenjata," kata seorang anggota parlemen dari provinsi itu, Shagufa Noorzai.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan konvoi warga sipil bergegas melarikan diri dari kekerasan dengan barang-barang mereka.

Di tengah negosiasi perdamaian yang macet, Afghanistan telah menyaksikan kekerasan yang meningkat sejak Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada 16 April bahwa pasukan Amerika akan ditarik dari negara itu pada 11 September tahun ini. (AA)


latestnews

View Full Version