View Full Version
Kamis, 06 May 2021

Saudi Pertimbangkan Larang Jamaah Luar Negeri Untuk Menunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi sedang mempertimbangkan untuk melarang jemaah haji luar negeri dari melaksanakan ibadah haji untuk tahun kedua berturut-turut, Reuters melaporkan Rabu (5/5/2021).

Mengutip dua sumber, badan tersebut mengatakan bahwa Riyadh "khawatir" setelah "peningkatan global dalam kasus COVID-19". "Belum ada keputusan akhir apakah akan melanjutkan larangan tersebut," sumber itu menekankan.

Langkah seperti itu akan membatasi ibadah haji hanya untuk warga negara Saudi dan penduduk kerajaan yang divaksinasi atau telah pulih dari virus beberapa bulan sebelum menghadiri, menurut sumber tersebut. Tahun lalu, ritual itu dibatasi untuk sejumlah kecil penduduk dan warga.

Dengan penurunan jumlah infeksi domestik baru-baru ini dan peningkatan jumlah orang yang divaksinasi, kerajaan telah meningkatkan jumlah jemaah haji tahun ini. Media lokal melaporkan sebelumnya bahwa Masjidil Haram Makkah menerima sekitar satu juta jamaah selama 20 hari pertama bulan suci Ramadhan.

Sebelum pandemi, sekitar 2,5 juta jamaah biasa mengunjungi tempat suci Arab Saudi di Makkah dan Madinah selama waktu haji. Pendapatan ritual biasanya berjumlah sekitar $ 12 miliar setahun, menurut data resmi. (MeMo)


latestnews

View Full Version