View Full Version
Jum'at, 07 May 2021

PM Irak Perintakan Pencopotan Poster Tokoh Politik Syi'ah Iran Di Lingkungan Sunni Baghdad

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi telah memerintahkan pencopotan papan reklame yang menampilkan tokoh-tokoh politik utama Syi'ah Iran di pintu masuk lingkungan al-Adhamiya di Baghdad.

Kadhimi menghubungi para pemuda dan aktivis lingkungan pada hari Rabu sehubungan dengan ketegangan yang disebabkan oleh peningkatan struktur iklan yang memasang foto-foto mendiang Pemimpin Revolusi Syi'ah Iran Ruhola Komeni, Pemimpin Tertinggi Ali Kamenei, dan mantan Kepala Pasukan Quds Iran Qassem Soleimani.

Sumber dari lingkungan tersebut mengatakan kepada media lokal bahwa aktivis kota menerima telepon dari PM di mana dia memberi tahu mereka tentang keputusannya untuk meredakan ketegangan.

Aparat keamanan yang didampingi kendaraan pemerintah melepas papan reklame yang dipasang di dekat masjid dan tempat suci Imam Abu Hanifa al-Numan.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan para remaja merayakan pencabutan poster.

Papan iklan itu memicu kemarahan di antara penduduk al-Adhamiya, distrik Baghdad tengah-timur yang merupakan rumah bagi populasi mayoritas Sunni.

Warga Sunni Baghdad menganggap insiden itu sebagai upaya kelompok Syi'ah pro-Iran untuk memprovokasi orang dan membangkitkan sentimen sektarian.

"Al-Adhamiya tidak akan dihina," tweet seorang anggota Komite Hubungan Luar Negeri parlemen Dhafer al-Ani, yang dikenal menentang pengaruh Iran di Irak.

Mantan jurnalis dan pemimpin redaksi surat kabar Assabah, Falah al-Mishaal, menyerukan pembentukan badan teknis resmi untuk memberikan persetujuan untuk baliho dan spanduk atau untuk menempatkan patung tokoh Irak bersejarah dan kontemporer yang membuat perbedaan di Irak.

Kelompok Syi'ah pro-Iran sering memasang poster dan spanduk besar untuk para pemimpin Syi'ah Iran, terutama di Baghdad dan provinsi tengah dan selatan untuk menegakkan hegemoni Iran di negara tersebut. (AA)


latestnews

View Full Version