View Full Version
Selasa, 18 May 2021

PBB: 52.000 Warga Palestina Mengungsi Akibat Serangan Udara Israel Di Jalur Gaza

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa setidaknya 52.000 orang telah mengungsi akibat serangan udara Israel yang telah menghancurkan atau merusak parah hampir 450 bangunan di Jalur Gaza.

Sekitar 47.000 pengungsi telah mencari perlindungan di 58 sekolah yang dikelola PBB di Gaza, Jens Laerke, juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di Jenewa, mengatakan kepada wartawan.

"Kami mendapat tambahan masuk ke sekolah kami. Seperti yang saya sebutkan, ada 47.000 pada pagi ini di sekolah-sekolah UNRWA [Badan Bantuan dan Pekerjaan Persatuan Bangsa-Bangsa]. Jadi jumlahnya meningkat, dan total pengungsi di atas 52.000 [Pengungsi Internal] Orang], "tambahnya.

Laerke mengatakan OCHA menyambut baik pembukaan penyeberangan Kerem Shalom (Karem Abu Salem) oleh otoritas Israel untuk pasokan kemanusiaan penting.

"Sangat penting bahwa penyeberangan Erez juga dibuka untuk keluar masuknya staf kemanusiaan yang kritis," katanya.

Juru bicara PBB mengatakan pasokan listrik di seluruh Gaza masih dibatasi rata-rata enam hingga delapan jam sehari karena kerusakan pada saluran dan jaringan pengumpan.

“Ini mengganggu penyediaan perawatan kesehatan dan layanan dasar lainnya termasuk air, kebersihan, dan sanitasi,” kata Laerke.

Dia mengatakan 132 bangunan telah hancur dan 316 rusak parah, termasuk enam rumah sakit dan sembilan pusat kesehatan utama serta pabrik desalinasi, mempengaruhi akses ke air minum bagi sekitar 250.000 orang. Satu rumah sakit tidak dapat berfungsi karena kekurangan bahan bakar. (MeMo)


latestnews

View Full Version