View Full Version
Kamis, 17 Jun 2021

Cegah Corona, Saudi Bagikan Botol Air Zam-zam Menggunakan Robot Selama Pelaksanaan Haji

MEKAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Robot-robot mulai membagikan botol-botol minum air Zam-zam di Mekah pekan  ini sebagai persiapan untuk prosesi ibadah haji jarak sosial di kota paling suci Islam, karena pandemi virus Corona.

Arab Saudi mengumumkan pada hari Sabtu bahwa 60.000 penduduk yang divaksinasi virus Corona akan dapat melakukan ibadah haji - jumlah yang naik dari tahun lalu tetapi secara drastis lebih rendah daripada waktu normal.

Sekitar 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia berpartisipasi pada 2019.

Para pejabat berharap untuk mencegah wabah virus Corona meluncurkan robot hitam-putih kecil pada hari Ahad, masing-masing diisi dengan tiga rak botol air, ketika beberapa jamaah membantu diri mereka sendiri dengan campuran kebingungan dan hiburan.

“Tujuan dari robot ini adalah untuk memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia,” kata Bader Al-Loqmani.

Dia mengelola air dari mata air Zamzam yang muncul di Masjidil Haram.

“Sekitar 20 robot saat ini tersedia untuk membantu pengunjung dan jemaah haji,” kata Loqmani, mencatat bahwa lebih banyak lagi yang bisa dibawa onstream jika perlu.

Selama berabad-abad, para peziarah berbondong-bondong untuk minum air dari mata air Zamzam, yang dipandang sebagai keajaiban dalam tradisi Islam.

Ratusan ribu botol air Zamzam biasanya dibagikan setiap tahun.

Haji adalah salah satu dari lima rukun atau kewajiban utama Islam, tetapi untuk tahun kedua berturut-turut hanya akan diizinkan untuk penduduk Arab Saudi yang divaksinasi. (TNA)


latestnews

View Full Version