View Full Version
Selasa, 13 Jul 2021

Pasukan Afghanistan Klaim Tewaskan Kepala Intelijen Taliban

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kementerian luar negeri Afghanistan mengumumkan pada hari Senin (11/7/2021) bahwa pasukan keamanannya telah melenyapkan kepala intelijen di Taliban ketika kelompok jihadis itu sekarang menguasai sebagian besar negara itu.

Kari Shagasi tewas dalam operasi yang dilakukan oleh pasukan Afghanistan saat fajar pada hari Senin di desa Muhammad Aghahi di provinsi Logar, klaim  kementerian luar negeri.

Dua pengikutnya ditangkap selama penyergapan, klaimnya. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

Pemerintah Afghanistan mengalami pukulan telak dalam beberapa pekan terakhir ketika pejuang Taliban menyapu timur laut negara yang dilanda perang itu, menguasai sejumlah distrik.

Taliban menguasai lebih dari sepertiga dari 421 distrik dan pusat distrik Afghanistan.

Hampir 1.600 tentara pemerintah Afghanistan kabur melarikan diri melintasi perbatasan ke Tajikistan selama dua pekan terakhir dalam upaya untuk menghindari ancaman serangan gencar dalam bentrokan melawan pejuang Taliban.

AS dan NATO telah melanjutkan penarikan mereka yang diperkirakan akan selesai pada akhir Agustus, mengakhiri kehadiran 20 tahun di negara itu.

Ini telah menimbulkan ketakutan di antara kedutaan dan pasukan Afghanistan, yang mengklaim bahwa Taliban akan melakukan serangan balas dendam setelah pasukan barat mundur. (TNA)


latestnews

View Full Version