View Full Version
Senin, 19 Jul 2021

Turki Berencana Lakukan Pembicaraan Dengan Taliban Terkait Bandara Kabul

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Senin (19/7/2021) mengatakan Turki sedang merencanakan pembicaraan dengan Taliban mengenai penolakan kelompok jihadis itu untuk membiarkan Ankara mengelola bandara Kabul setelah pasukan AS ditarik dari Afghanistan.

“Insya Allah, kita akan melihat pembicaraan seperti apa yang akan kita lakukan dengan Taliban dan melihat ke mana pembicaraan ini membawa kita,” kata Erdogan kepada wartawan di Istanbul.

Turki telah bernegosiasi dengan pejabat pertahanan AS atas tawaran Ankara untuk membantu mengamankan dan menjalankan bandara Kabul, yang merupakan kunci untuk memungkinkan negara-negara mempertahankan kehadiran diplomatik di negara yang dilanda perang itu setelah penarikan pasukan.

Erdogan dan Presiden AS Joe Biden membahas masalah ini dalam pertemuan tatap muka pertama mereka di sela-sela KTT NATO pada bulan Juni.

Turki mempertahankan ratusan tentara di Afghanistan, tetapi seorang pejabat Turki mengatakan kepada AFP bahwa mereka "bukan pasukan tempur".

Ankara dan Washington telah membahas masalah-masalah seperti dukungan keuangan dan logistik untuk misi Turki dari Amerika Serikat dan NATO, kata para pejabat.

Pekan lalu, Taliban menyebut tawaran Turki "tercela".

"Kami menganggap tinggalnya pasukan asing di tanah air kami oleh negara mana pun dengan dalih apa pun sebagai pendudukan," kata kelompok itu.

Erdogan mengatakan Taliban tidak mengadopsi "pendekatan yang tepat".

"Dalam pandangan kami, pendekatan Taliban saat ini bukanlah bagaimana seorang Muslim berperilaku terhadap Muslim lain," klaimnya, mendesak kelompok jihadis itu untuk menghentikan serangannya.

"Kami menyerukan kepada Taliban ... untuk menunjukkan kepada dunia sesegera mungkin bahwa perdamaian berlaku di Afghanistan." (TNA)


latestnews

View Full Version