View Full Version
Ahad, 25 Jul 2021

Parlemen Prancis Sahkan RUU Anti-Separatisme 'Islamofobia'

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Prancis pada hari Jum'at (23/7/2021) mengadopsi apa yang disebut RUU anti-separatisme dengan pemungutan suara terakhir 49 - 19, dengan lima abstain, dalam apa yang dilihat sebagai pukulan lain bagi komunitas Muslim negara itu.

Sementara RUU itu mengklaim dirancang untuk melestarikan "nilai-nilai republik" Prancis, RUU itu memiliki dampak besar pada aspek pendidikan, kehidupan sosial dan keagamaan, hak-hak perempuan, pembentukan dan pengelolaan asosiasi keagamaan yang seluruhnya hanya menyasar umat Muslim.

Larangan poligami atau kawin paksa, penerbitan sertifikat keperawanan, membuat tempat ibadah lebih transparan dan melarang pertemuan politik di gedung keagamaan, antara lain.

Aktivis mengatakan RUU itu telah mempengaruhi komunitas Muslim, dengan gelombang besar tindakan Islamofobia dilaporkan di seluruh negeri. Kritikus berpendapat RUU itu menargetkan komunitas Muslim Prancis - yang terbesar di Eropa.

RUU tersebut mungkin harus melewati Dewan Konstitusi - otoritas konstitusional tertinggi yang memiliki hak untuk mengesampingkan ketentuan RUU yang disetujui.

Beberapa partai Prancis telah menentang teks tersebut dan mengancam akan menjanjikan penolakan dari Dewan dengan alasan diskriminasi.

Selama diskusi hari Jum'at, politisi sosialis dan pemimpin partai La France Insoumise, Jean-Luc Melenchon, berusaha meluncurkan mosi untuk membatalkan RUU tersebut, yang ia gambarkan sebagai Islamofobia dan bertentangan dengan nilai-nilai Prancis. Mosi tersebut ditentang oleh anggota parlemen.

Setelah mosinya ditolak, Melenchon mentweet bahwa RUU itu “menciptakan konsep yang hampa dan kabur: separatisme.”

Dia menambahkan sangat memalukan bahwa berjam-jam didedikasikan untuk membahas “cadar, burkini, bendera asing di pernikahan dan bahkan ululasi” dengan pandemi yang berkecamuk.

Baru-baru ini, Senat Prancis memilih untuk melarang anak perempuan di bawah usia 18 tahun mengenakan jilbab di depan umum. Jilbab adalah jilbab yang dikenakan oleh banyak wanita Muslim dan telah menjadi subyek perselisihan selama beberapa dekade di Prancis. (TNA)


latestnews

View Full Version