View Full Version
Sabtu, 31 Jul 2021

Pejuang Taliban Masuki Ibukota Provinsi Helmand Di Selatan Afghanistan

HELMAND, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pasukan keamanan Afghanistan dan pejuang Taliban terlibat bentrokan hebat selama dua hari terakhir setelah kelompok jihadis itu memasuki ibu kota provinsi selatan Helmand, kata para pejabat pada Jum'at (30/7/2021).

Dengan pasukan asing pimpinan AS mendekati penarikan penuh pasukan, Taliban telah membuat keuntungan teritorial cepat selama dua bulan terakhir tetapi belum merebut ibu kota provinsi.

"Sejak Kamis pagi, Taliban telah melancarkan serangan dari beberapa arah ke kota Lashkargah," kata seorang pejabat pemerintah kepada Reuters tanpa menyebut nama. Lashkargah adalah ibu kota Helmand, provinsi selatan yang berbatasan dengan Pakistan.

Pejabat itu mengklaim bahwa pasukan keamanan Afghanistan sejauh ini telah menahan upaya Taliban untuk merebut kota itu dengan bantuan angkatan udara Afghanistan, tetapi operasi terhambat oleh kehadiran warga sipil di daerah itu.

Abdul Majid Akhundzada, seorang anggota dewan provinsi Helmand, mengatakan bahwa Taliban telah merebut beberapa daerah di Lashkargah, dan pertempuran sengit terjadi di daerah yang dekat dengan bandara kota itu.

Dia mengungkapkan ketakutan bahwa kota itu bisa segera jatuh ke tangan Taliban.

Komandan militer tertinggi Amerika Serikat di kawasan itu mengatakan angkatan udara AS telah meningkatkan serangan udara untuk mendukung pasukan Afghanistan yang terhuyung-huyung dari kemajuan Taliban - tetapi menolak untuk mengatakan apakah ini akan berlanjut setelah misi militer mereka berakhir pada 31 Agustus.

Sementara itu, sekitar 200 warga Afghanistan akan memulai kehidupan baru di Amerika Serikat pada hari Jum'at ketika pengangkutan udara sedang berlangsung untuk para penerjemah dan orang lain yang takut akan pembalasan dari Taliban karena mereka bekerja untuk Amerika Serikat selama perang 20 tahun di Afghanistan, kata para pejabat AS. (TNA)


latestnews

View Full Version