View Full Version
Rabu, 25 Aug 2021

Kanselir Jerman Angela Merkel Serukan Masyarakat Internasional Lakukan Pembicaraan Dengan Taliban

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Kanselir Jerman Angela Merkel pada Rabu (25/8/2021) menyerukan pembicaraan dengan Taliban untuk memastikan bahwa mereka tidak membalikkan pencapaian yang telah dicapai Afghanistan selama 20 tahun terakhir.

“Satu hal yang jelas. Taliban sekarang menjadi kenyataan di Afghanistan,” kata Merkel kepada anggota parlemen, selama sesi parlemen.

Kanselir menyukai pembicaraan diplomatik dengan Taliban, tetapi menggarisbawahi bahwa tidak akan ada perjanjian tanpa syarat.

“Tujuan kami harus mempertahankan, sebanyak mungkin, pencapaian 20 tahun terakhir. Untuk itu, masyarakat internasional harus melakukan pembicaraan dengan Taliban,” katanya.

Taliban menguasai Afghanistan setelah merebut Kabul pada 15 Agustus, memaksa presiden dan pejabat tinggi lainnya kabur meninggalkan negara itu.

Setelah kepergian Ashraf Ghani, mantan Presiden Hamid Karzai, politisi veteran Gulbuddin Hekmatyar dan perunding perdamaian terkemuka Abdullah Abdullah membentuk dewan dengan tujuan untuk memastikan kelancaran transfer kekuasaan.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ (AA)


latestnews

View Full Version