View Full Version
Selasa, 31 Aug 2021

Jubir Taliban: Kekalahan Amerika Serikat Di Afghanistan Pelajaran Bagi Para Penjajah

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kepada Press TV bahwa kekalahan Amerika Serikat di Afghanistan adalah "pelajaran" bagi para penjajah, beberapa jam setelah pasukan Amerika terakhir meninggalkan negara Asia Selatan itu.

Diminta berkomentar tentang akhir 20 tahun pendudukan Afghanistan, Mujahid mengatakan pada hari Selasa (31/8/2021), “Kepergian penjajah dari Afghanistan adalah kegembiraan yang sangat besar bagi warga Afghanistan, dan kemerdekaan mereka.”

Dia menambahkan, “Ini adalah hari bagi para penjajah untuk belajar pelajaran bahwa mereka tidak harus melakukan tindakan [salah] seperti itu, sehingga mereka akan menghadapi akhir seperti itu.”

Juga pada hari Selasa, juru bicara kelompok jihadis itu memberi selamat kepada rakyat Afghanistan atas kemenangan mereka.

“Selamat untuk Afghanistan… kemenangan ini milik kita semua,” kata Mujahid dari landasan bandara Kabul.

Dia mengatakan kelompok itu mencari hubungan baik dengan negara lain, termasuk AS. “Kami ingin memiliki hubungan baik dengan AS dan dunia. Kami menyambut baik hubungan diplomatik dengan mereka semua,” katanya.

Amerika Serikat menginvasi Afghanistan dan menggulingkan pemerintah sah yang dijalankan Taliban pada 2001, menuduh bahwa Taliban menyembunyikan pemimpin Al-Qaidah, Syaikh Usamah Bin Ladin, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan 11 September 2001 di New York. (ptv)


latestnews

View Full Version