View Full Version
Sabtu, 04 Sep 2021

Dubes Qatar Untuk Afghanistan Sebut bandara Kabul Dibuka Kembali Untuk Menerima Bantuan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sebuah tim teknis dapat membuka kembali Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai untuk menerima bantuan, kata duta besar Qatar untuk Afghanistan, Sabtu (5/9/2021).

Landasan pacu bandara telah diperbaiki bekerja sama dengan pihak berwenang di Afghanistan, kata duta besar, menurut Al Jazeera, yang juga mengutip korespondennya yang mengatakan penerbangan domestik telah dimulai kembali. Saluran itu mengatakan dua penerbangan domestik dioperasikan dari Kabul ke kota Mazar-i-Sharif dan Kandahar.

Bandara Kabul telah ditutup sejak berakhirnya pengangkutan udara besar-besaran yang dipimpin AS terhadap warganya, warga negara Barat lainnya, dan warga Afghanistan yang membantu negara-negara Barat.

Akhir dari operasi itu menandai penarikan pasukan AS terakhir dari Afghanistan setelah 20 tahun perang.

Evakuasi puluhan ribu orang terjadi di tengah pengambilalihan cepat Afghanistan oleh Taliban, musuh Barat dalam perang dua dekade setelah serangan 11 September 2001 di AS.

Ribuan orang yang ingin meninggalkan Afghanistan, takut akan kehidupan di bawah pemerintahan Taliban dan juga faktor ekonomi, tertinggal ketika operasi evakuasi berakhir pada akhir Agustus. Taliban telah menjanjikan perjalanan yang aman bagi mereka yang ingin pergi.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, berbicara pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab di Doha pada hari Kamis, mengatakan negara Teluk sedang berbicara dengan Taliban dan bekerja dengan Turki untuk mendapatkan dukungan teknis potensial untuk memulai kembali operasi di Bandara Kabul.


latestnews

View Full Version