View Full Version
Rabu, 22 Sep 2021

Penyanyi Terkenal AS John Legend Kecam Israel Terkait Perlakuan Buruk Terhadap Tahanan Palestina

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Penyanyi terkenal John Legend telah berbicara untuk mendukung rakyat Palestina, mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Senin (20/9/2021) bahwa AS harus menganggap Israel dengan "standar yang lebih tinggi" dalam hal perlakuan terhadap warga Palestina di bawah pendudukannya.

Dalam sebuah wawancara TV dengan Mehdi Hasan untuk MSNBC, Legend mengatakan dia "harus mengatakan sesuatu" tentang penderitaan rakyat Palestina karena "itu tidak adil".

Pihak berwenang Israel telah menggusur, mengurung, memisahkan, dan menundukkan warga Palestina karena identitas mereka, menghasilkan apa yang oleh Human Rights Watch digambarkan sebagai "kejahatan terhadap kemanusiaan apartheid dan penganiayaan".

"Kita harus menganggap [Israel] dengan standar yang lebih tinggi. Apa yang mereka lakukan dengan rakyat Palestina tidak adil dan itu tidak boleh dilakukan atas nama kita, dengan sumber daya [AS] yang berkontribusi," kata penyanyi pemenang Grammy Award itu. .

Pada tahun 2020, AS memberikan bantuan senilai $3,8 miliar (sekitar £2,7 miliar) kepada Israel, sebagian besar untuk militernya.

Pada akhir Agustus, Presiden AS Joe Biden bertemu dengan PM Israel Naftali Bennett untuk pertemuan tatap muka pertama mereka. Presiden AS mengatakan dia ingin membangun "hubungan pribadi yang kuat" dengan pemimpin Israel, menambahkan bahwa kedua negara memiliki "kemitraan yang tak tergoyahkan".

"Ketika saya melihat apa yang terjadi di Palestina ... di mana mereka jelas tidak dapat merasakan hak penuh yang layak mereka dapatkan, itu adalah kehidupan yang sangat tidak adil dan sulit," kata Legend.

Penyanyi yang merupakan keturunan Afrika Amerika, Eropa, dan Pribumi Amerika ini menjelaskan bahwa pandangannya tentang Palestina berasal dari membaca karya-karya ikon hak-hak sipil Martin Luther King dan penulis dan aktivis Amerika James Baldwin.

Mereka "mengajari saya apa arti keadilan, apa arti cinta... apa arti kesetaraan", tambahnya.

Pada Mei 2021, ketika Gaza dibom oleh pasukan Israel yang mengakibatkan kematian sekitar 256 warga Palestina, Legend juga berbicara mendukung warga Palestina.

Dia mentweet "Palestine Lives Matter", mengutip utas panjang tentang bagaimana hak-hak orang Palestina tidak boleh diabaikan dan saat ini mereka diperlakukan sebagai "warga negara kelas tiga".

Selebriti lain yang vokal dalam mendukung Palestina termasuk model Palestina-Amerika Bella dan Gigi Hadid, dan penyanyi Dua Lipa. (TNA)


latestnews

View Full Version