View Full Version
Kamis, 14 Oct 2021

Menlu Qatar: Normalisasi Dengan Israel Tidak Sesuai Dengan Kebijakan Doha

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani menjelaskan pada hari Rabu (13/10/2021) bahwa kesepakatan normalisasi tahun lalu antara Israel dan negara-negara Arab tidak sesuai dengan kebijakan Doha, karena mereka tidak menawarkan prospek untuk mengakhiri pendudukan Israel.

Pejabat itu mengatakan bahwa tidak mungkin mengandalkan 'normalisasi ekonomi' dengan Israel selama pendudukannya atas tanah Palestina ada.

“Mengenai kebijakan luar negeri kami, langkah-langkah Kesepakatan Abraham tidak sesuai dengan kami. Saat ini, kami belum melihat perilaku dan sikap yang tepat dari Israel untuk mencapai solusi damai dengan Palestina. Saya tidak berpikir Qatar akan mengambil langkah ini. untuk menormalkan hubungan," tambahnya.

Al-Thani membuat komentarnya selama Forum Keamanan Global 2021 yang diselenggarakan oleh Doha.

Perjanjian normalisasi tahun lalu meresmikan hubungan antara negara Yahudi Israel dan UEA dan Bahrain, kemudian diikuti oleh Sudan dan Maroko. Mereka adalah yang pertama terjadi dengan negara-negara Arab sejak Mesir dan Yordania membuat kesepakatan damai dengan Israel masing-masing pada tahun 1979 dan 1994.

Kesepakatan normalisasi secara universal ditolak oleh faksi-faksi Palestina dan memicu protes solidaritas pro-Palestina di seluruh dunia. (TNA)


latestnews

View Full Version