View Full Version
Rabu, 17 Nov 2021

Turki Diduga Tangguhkan Operasi Militer Terhadap Komunis YPG Di Suriah Setelah Ditekan AS Dan Rusia

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki diduga telah menangguhkan rencananya untuk meluncurkan operasi militer baru di Suriah utara melawan pemberontak Komunis Kurdi, menyusul tekanan terhadapnya dari Rusia dan Amerika Serikat.

Menurut sumber diplomatik anonim Turki, yang dikutip oleh media Syria Observer dan The New Arab, Ankara telah memutuskan untuk menangguhkan potensi operasi militer yang direncanakan untuk Suriah utara, setidaknya untuk sementara waktu.

Meskipun media Turki terus menyebarkan dukungan untuk operasi tersebut dan tentara Turki siap untuk melanjutkan, sumber tersebut diduga mengatakan bahwa "Ankara telah menangguhkan operasi untuk saat ini."

Menyusul serangan penembakan ke wilayah Turki dari wilayah utara Suriah Azaz bulan lalu, yang menewaskan dua petugas polisi Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa negara itu telah kehilangan kesabarannya dengan milisi Komunis Kurdi, Unit Perlindungan Rakyat (YPG), dan akan meluncurkan operasi militer baru melawannya.

Sejak itu, pembicaraan telah berlangsung selama sebulan terakhir, dengan Rusia dan AS—yang mendukung YPG dan milisi afiliasinya—dilaporkan memberikan tekanan pada Turki untuk menghentikan rencana operasinya.

Jika laporan bahwa penangguhan operasi militer terbukti benar, itu akan terjadi hanya beberapa minggu setelah parlemen Turki memperpanjang pengerahan pasukannya ke Irak dan Suriah selama dua tahun lagi. Banyak juga yang melihat serangan baru Turki terhadap milisi Komunis Kurdi sebagai hal yang tak terelakkan, mempertanyakan keabadian penangguhan semacam itu. (AN)


latestnews

View Full Version