View Full Version
Sabtu, 27 Nov 2021

Inggris Resmi Larang Hamas, Sebut Sebagai 'Kelompok Teroris Islam'

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Inggris pada hari Jum'at (26/11/2021) secara resmi menetapkan Hamas secara keseluruhan sebagai "kelompok teroris Islam", memperingatkan bahwa anggotanya dan mereka yang mendukung kelompok itu dapat menghadapi hukuman penjara yang berat.

Brigade Izzuddine Al-Qassam, sayap militer dari kelompok yang menguasai Jalur Gaza, telah dilarang di Inggris sejak 2001 tetapi kementerian dalam negeri memperluas larangan tersebut ke entitas politiknya.

London mengatakan pekan lalu bahwa tidak mungkin lagi membuat perbedaan, menilai bahwa Hamas "berkomitmen, berpartisipasi, mempersiapkan dan mempromosikan dan mendorong terorisme".

"Kelompok teroris Islam Hamas hari ini telah menjadi organisasi teroris terlarang di Inggris secara keseluruhan setelah persetujuan parlemen," kata Kementerian Dalam Negeri.

"Ini berarti bahwa anggota Hamas atau mereka yang mengundang dukungan untuk kelompok itu dapat dipenjara hingga 14 tahun."

Israel menyambut baik langkah tersebut, yang mengikuti tindakan serupa oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa. Tapi Hamas sendiri menyebut langkah Inggris sebagai "kejahatan terhadap rakyat Palestina kami dan semua sejarah perjuangan mereka". (TNA)


latestnews

View Full Version