View Full Version
Rabu, 01 Dec 2021

Pengadilan Libya Keluarkan Penglima Pemberontak Khalifa Haftar Dari Pencalonan Pilpres

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pengadilan Libya pada hari Selasa (30/11/2021) memutuskan untuk mengecualikan panglima pemberontak Khalifa Haftar dari pemilihan presiden bulan depan, menurut media lokal.

Pengadilan Tingkat Pertama Zawiya menerima banding yang diajukan terhadap pencalonan Haftar dan memutuskan untuk mengecualikannya dari daftar kandidat untuk pemilihan 24 Desember, Libya Al-Ahrar TV melaporkan.

Pengadilan mengatakan memutuskan "untuk menerima banding ... dan untuk membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Tinggi mengenai pencalonan Khalifa Belqasim Haftar, dan mengeluarkannya dari daftar kandidat untuk pemilihan presiden."

Dengan dukungan negara-negara Arab dan Barat serta tentara bayaran asing, milisi Haftar melancarkan serangan militer pada 2019 untuk merebut ibu kota Tripoli dari Pemerintah Kesepakatan Nasional yang diakui secara internasional, serangan tersebut, bagaimanapun berakhir dengan kegagalan.

Pekan lalu, Komisi Pemilihan Libya mengumumkan daftar utama 73 kandidat untuk pemilihan presiden dan daftar lain dari 25 orang yang dikecualikan dari pencalonan presiden, termasuk Saif al-Islam, putra mendiang orang kuat Libya Muammar Khadafi.

Rakyat Libya berharap bahwa pemilu mendatang akan berkontribusi untuk mengakhiri konflik bersenjata yang telah melanda negara kaya minyak itu selama bertahun-tahun. (AA)


latestnews

View Full Version